Prinsip Kerja Turbin Ventilator

Prinsip Kerja Turbin Ventilator

Prinsip kerja turbin ventilator, Pada dasarnya turbine ventilator adalah alat sejenis exhaust fan yang berfungsi sebagai alat untuk menghisap udara panas, debu, dan juga berfungsi sebagai alat ventilasi atau sirkulasi udara.

Cara kerja dari turbin ventilator sendiri disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan, dimana secara alamiah udara panas di dalam ruangan akan mengalir dan menekan keluar melalui sirip-sirip turbine dan membuat Turbine Ventilator otomatis berputar. 

Pada bagian sisi dari turbine ventilator berbentuk seperti baling baling, yang akan mengatur sirkulasi udara.

Dengan demikian ada atau tidak ada angin, Turbine Ventilator akan selalu berputar menghisap udara panas dalam ruangan.

Prinsip turbin ventilator itu adalah thermosiphon, yaitu dia berputar berdasarkan tekanan dan aliran udara panas yang ada di dalam rumah.

Apa yang menjadi kelebihan menggunakan Turbine Ventilator.? Berikut beberapa diantaranya

  1. Ramah Lingkungan

Berdasarkan cara kerja dari turbin ventilator seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, maka dapat dikatakan bahwa turbin ventilator merupakan peralatan yang ramah lingkungan.

Untuk bahan pembuatan dari turbin ventilator sendiri biasanya terbuat dari bahan stainless dan alumunium yang memiliki kualitas yang kokoh dan tahan lama sehingga turbin ventilator dapat digunakan untuk jangka panjang.

  1. Mengatasi Masalah Udara dalam Rumah

Sama halnya dengan exhaust fan atau sejenisnya, turbin ventilator juga merupakan peralatan yang  membantu untuk mengatasi masalah udara di dalam rumah. Selain dapat melancarkan sirkulasi udara, turbin ventilator ini juga dapat membantu rumah akan terhindar dari pengap dan panas.

  1. Lebih Hemat Listrik

Cara kerja dari turbin ventilator cukup alami, yang hanya mengandalkan tekanan angin, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk membayar tagihan listrik karena menggunakan alat penyejuk ruangan.

  1. Mudah Dipasang

Untuk prose spemasnagan turbin ventilator terbiolang snagatlah mudah, anda bisa memasang pada bagian atap rumah, baik bagian tengah, pinggir, tepi ataupun bagian bagian lainnya. Untuk system penggunaannya, turbin ventilator akan menggunakan sekrup atau baut sebagai media atau alat yang akan menjaga posisi turbin ventilator agar tidak bergeser atau bergerak ketika terjadinya gempa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *