Mengenal Beberapa Bahan Pintu Untuk Kamar Mandi

Mengenal Beberapa Bahan Pintu Untuk Kamar Mandi

Anda perlu mengetahui beberapa jenis bahan pintu kamar mandi yang cocok untuk rumah Anda. Ya, sebagaimana diketahui pintu kamar mandi memang rentan sekali rusak akibat percikan air. Terlebih lagi, jika ukuran kamar mandi Anda kecil. Adapun Anda sendiri tentunya sudah terbiasa menggunakan beberapa jenis bahan berikut ini pada pintu kamar mandi, diantaranya: 

Bahan Pintu Kamar Mandi yang Biasa Digunakan di Rumah

  • Pintu Kayu

Jenis pintu yang pertama yaitu berbahan dasar kayu. Adapun pintu kayu ini cenderung lebih rentan dengan percikan air. Hal ini dikarenakan jika pintu kayu terkena percikan air terlalu sering maka pintu akan lembab dan cepat lapuk, kemudian hancur. Umumnya, kerusakan terjadi mulai dari bagian bawah pintu yang lebih sering terkena air. 

  • Pintu Aluminium

Aluminium adalah salah bahan material yang cenderung tahan terhadap air maupun korosi. Biasanya bahan aluminium ini juga seringkali dipakai pada pintu kamar mandi, dimana bentuknya sedikit menyatu dengan bagian kusen. 

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa aluminium ini bukanlah bahan terbaik untuk dijadikan pintu kamar mandi. Karena aluminium ini cenderung lebih rentan terhadap goresan. Tak hanya itu, bahan ini juga lama kelamaan akan dapat menimbulkan bunyi yang nyaring ketika hendak membuka atau menutup pintu.  

  • Pintu Vynil atau PVC

Anda juga tentu sudah biasa menjumpai pintu kamar mandi dengan bahan vynil ini. Dimana bahan ini memang mirip dengan plastik atau PVC. Adapun material yang satu ini cenderung lebih tahan air, antikorosi, tidak menimbulkan bunyi yang berisik, serta lebih baik ketimbang aluminium. Perlu Anda ketahui juga bahwa harga pintu vynil ini relatif rendah. 

  • Pintu uPVC

Pintu uPVC ini juga biasa digunakan sebagai pintu kamar mandi. Adapun bahan yang satu ini dinilai lebih baik dibandingkan PVC biasa, hal ini dikarenakan uPVC ini merupakan material turunan dari plastik. Selain itu, plastiknya pun diminimalisasi hingga bahannya cenderung lebih keras, kuat, serta kokoh.

Beberapa bahan pintu kamar mandi diatas diharapkan dapat menjadi referensi sekaligus solusi bagi Anda yang sedang kebingungan mencari bahan yang tepat untuk membuat pintu kamar mandi di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *