Dianggap Mengganggu, Ternyata Manfaat Sarang Laba-laba

Dianggap Mengganggu, Ternyata Manfaat Sarang Laba-laba

Dianggap Mengganggu, Ternyata Manfaat Sarang Laba-laba. Ketika laba-laba merayap di bagian tubuh kita , tentunya  kebanyakan orang merasakan merinding  dan juga takut .   perasaan tersebut tergantung seberapa besar laba-laba nya  jika besar perasaan merinding dan takut akan semakin besar juga. 

Kebiasaan laba-laba sering sekali membuat sarang  di bagian setiap sudut rumah, di antara tumbuhan atau juga tempat yang suasananya sepi.  Sarang laba-laba dibuat dengan jaring yang berasal dari tubuh laba-laba tersebut.

 Jaring tersebut bermanfaat juga bagi manusia , tidak hanya bermanfaat untuk laba-laba saja.

Diketahui kalau jaring laba-laba bisa dijadikan pembalut luka, benang operasi, dan juga ilmuwan telah meniru manfaat ini  dengan memproduksi bahan sintetis antibiotik   dari bidang medis terdapat beberapa manfaat jaring laba-laba , yaitu sebagai berikut.

  1.       Menjadi Bahan Pengobatan Sejak Zaman yunani Kuno

Diketahui dalam pengobatan di eropa, jaring laba-laba dipakai  untuk membalut luka dan goresan  bisa juga untuk menyembuhkan dan mengurangi pendarahannya . pemakaian jaring laba-laba dapat juga untuk memberhentikan pendarahan  yang dimana cara ini sudah dilakukan sejak zaman peradaban awal manusia yaitu pada zaman yunani kuno dan romawi kuno.

Di Masa  peradaban yunani kuno dan romawi kuno, jaring laba-laba dipergunakan sebagai obat untuk para prajurit yang sedang terluka karena berperang .  dan bangsa yunani memakai cuka untuk mengairi luka dan setelah itu baru mengoleskan madu diatas luka. Lalu jaring laba-laba dipakai untuk menutupi luka dan memiliki fungsi sebagai  penahan madu  pada luka.

  1.       Ilmuwan meniru pembalut luka dari jaring laba-laba

Pada tahun 2017 di Kampus Universitas Nottingham di Negara inggris   diketahui team peneliti nya  telah membuat jaring laba-laba antibiotik . tim ini terdiri dari ahli laba-laba dan jug ahli kimia ini secara bersama-sama menciptakan bahan sintetis yang dapat dipakai untuk penyembuhan luka dan memberikan obat .

Bahan sintetis ini diciptakan dari jaring yang diambil dari E. coli dan disatukan dengan bahan lainnya. Dan untuk sekarang ini telah diciptakan bentuk antibiotic buatannya. Aslinya  para ilmuwan mendapatkan inspirasi dari jaring laba-laba itu yang dapat menjadi pembalut luka.

  1.       Jaring laba-laba sebagai obat penyembuh luka

Serat Laba-laba dipakai untuk menutup luka  dimana cara ini tidak begitu diketahui di Negara kita Indonesia. Tetapi , pada tahun 2014 tidak disangka-sangka lima mahasiswa dari fakultas kedokteran Gigi (FKG) UGM yaitu Mirna Aulia, Claudia Twista sari, Effendi Halim, Choirunisa Nur Humairo dan Bayu Anggoro Aji telah berhasil dalam menciptakan gel yang bisa membuat penyembuhan pada luka lebih cepat dari biasanya.

Spidweb Gel yang dibuat dari bahan ekstrak jaring laba-laba ini telah diklaim bisa mempercepat penyembuhan luka setelah operasi cabut gigi, yang saat ini baru diujicobakan kepada hewan, yaitu marmot.

  1.       Benang Jahit Operasi yang Terbuat dari jaring laba-laba

Universitas Wyoming Amerika serikat   para ahlinya  farmakologi telah memanfaatkan benang laba-laba Nephila dipergunakan sebagai benang jahit untuk operasi  yang sangat sensitif , seperti operasi –operasi pada  tendon , operasi mata atau jaringan syaraf.

Diketahui kalau jaring laba-laba bisa menyambung otot (tendon) atau dapat memulihkan ligamen yang rusak, selain memang begitu kuat , serat alami ini tidak membuat infeksi.

 Tetapi para ilmuwan sampai saat ini belum menemukan bukti yang pasti kalau jaring laba-laba bisa membunuh kuman.

Demikian ulasan Dianggap Mengganggu , ternyata Manfaat sarang laba-laba begitu banyak untuk manusia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *