Sering Diabaikan, Ini 5 Penyebab Rumah Banyak Rayap

Sering Diabaikan, Ini 5 Penyebab Rumah Banyak Rayap

Sering Diabaikan, Ini 5 Penyebab Rumah Banyak Rayap, Rayap adalah hama yang paling mengganggu dan dapat merusak berbagai macam furniture yang terbuat dari bahan kayu.

Mengingat rayap adalah jenis binatang yang hidup secara berkoloni, pastinya bukanlah hal yang mudah untuk membasmi rayap sampai benar benar hilang dari dalam rumah.

Sebelum anda memutuskan untuk membasmi rayap dengan obat pembasmi, maka ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu dari mana datangnya rayap. Banyak hal hal yang disepelekan oleh banyak orang menjadi penyebab rayap hadir di dalam rumah, dan berikut beberapa hal kerap disepelekan sebagai sumber datangnya rayap.

  1. Adanya rongga di beberapa bagian rumah

Rayap memang memiliki ukuran yang cukup kecil, namun masalah yang ditimbulkan oleh rayap dapat menghancurkan aset di dalam rumah. salah satu penyebab hadirnya rayap di dalam rumah adalah adanya cela atau rongga pada bagian rumah.

Rayap dapat merusak bagian rumah yang tebalnya hingga beberapa sentimeter untuk membuat cela masuk ke dalam rumah, maka dari itu, jika pada bagian rumah anda terdapat sebuah cela, maka sebaiknya segera tambal, demi menghindari adanya rayap beserta koloninya bersarang di dalam rumahnya.

Setelah anda menambal cela tersebut, berilah obat pembasmi atau pengusir rayap, sebab biasanya rayap akan terus berusaha menggerogoti cela yang telah anda tutup.

  1. Memiliki perabot berbahan kayu yang kurang berkualitas

Perabot berbahan kayu yang ada di rumah merupakan salah satu daya tarik bagi rayap. Seperti yang diketahui, rayap adalah binatang yang bersarang pada material material kayu, maka dari itu, saat anda mengecat atau membuat furniture berbahan kayu, ada baiknya jika anda menambahkan obat anti rayap pada saat pembuatannya.

  1. Kondisi rumah yang kurang bersih

Rumah dengan kondisi yang kotor dapat mengundang kedatangan rayap, maka dari itu pastikan bahwa anda selalu membersihkan bagian rumah anda secara berkala. 

Jika anda menemukan serbuk serbuk kayu atau butiran halus material rumah, maka lakukan pemeriksaan karena hal tersebut bisa saja disebabkan oleh rayap yang sedang berusaha membuat cela sebagai jalur masuknya rayap.

  1. Kurangnya aliran udara dan cahaya

Penyebab lainnya dari hadirnya rayap dalam rumah hunian, adalah disebabkan karena tingkat kelembaban rumah yang terlalu tinggi. Rayap adalah tipe serangga yang sangat senang dengan tempat tempat yang lembab. Maka dari itu, pastikan bahwa tingkat kelembaban di rumah anda rendah.

Untuk menurunkan tingkat kelembaban pada rumah hunian, anda bisa memaksimalkan akses ventilasi, baik itu ventilasi udara maupun ventilasi cahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *