Ini Dia Tips Agar Hemat Bayar Air Setiap Bulannya

Ini Dia Tips Agar Hemat Bayar Air Setiap Bulannya

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama bagi semua orang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan air bersih. Ada yang memperolehnya dari sumur sendiri ataupun yang berasal dari PDAM. Jika Anda menggunakan air dari sumber PDAM maka ada biaya yang harus dibayarkan tiap bualnnya.

Namun tentu saja Anda akan merasa kaget apabila tagihan air yang datang ke rumah menjadi membengkak. Padahal Anda merasa telah menggunakan air dengan hemat. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus untuk mensiasati penggunaan air yang berlebihan agar tagihan air tidak membengkak.

Tips yang Dapat Dilakukan Agar Tagihan Air Tidak Membengkak

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menghemat air. Hal ini dilakukan agar tagihan air yang datang setiap bulan ke rumah Anda tidak terus membengkak. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat air. Beberapa tips tersebut antara lain adalah:

Mengurangi Penggunaan Shower
Bagi Anda yang terbiasa mandi dengan menggunakan shower, pastilah tagihan air akan semakin meningkat. Mandi dengan menggunakan shower biasanya akan membuat air yang terbuang sia-sia menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, cobalah mandi dengan menggunakan air pada bak mandi saja agar air tidak banyak terbuang sia-sia

Gunakan Keran yang Dapat Menghemat Air
Cara lainnya yang dapat dilakukan agar tagihan air tidak semakin membengkak adalah dengan menggunakan keran hemat air. Keran hemat air ini berbentuk bunga pada lubang keluarnya air. Bentuk lubang seperti bunga ini sangatlah menguntungkan. Anda dapat menghemat air sekitar 30 % hingga 50 % dikarenakan keran tersebut memiliki debit air keluar yang lebih deras.

Menjaga Agar Pipa Air Tidak Bocor
Kebocoran sedikit apapun pada pipa air dapat mempengaruhi jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu pastikan pipa air di rumah Anda tidak mengalami kebocoran. Jika terdapat kebocoran, segeralah perbaiki sekecil apapun bocor tersebut. Hal ini dilakukan agar air pada pipa tidak akan terbuang sia-sia.

Tips ini bisa Anda lakukan dirumah agar tagihan air Anda tidak membengkak. Selain itu, tips-tips tersebut dapat mengajarkan Anda agar bisa lebih menghemat air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *