Cara Membersihkan Saklar Listrik dengan Mudah dan Aman

Cara Membersihkan Saklar Listrik dengan Mudah dan Aman

Cara Membersihkan Saklar Listrik dengan Mudah dan Aman

Instalasi listrik menjadi salah satu bagian rumah yang tidak boleh luput dari perhatian. Ada banyak resiko yang dapat terjadi apabila instalasi listrik ini diabaikan, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar yang dapat beresiko merenggut nyawa.

Dari berbagai macam komponen instalasi listrik, saklar menjadi salah satu bagian instalasi yang tidak boleh luput dari perhatian. Saklar listrik kerap kali menjadi sumber pemicu masalah listrik di dalam rumah mulai dari tidak berfungsinya aliran listrik hingga hal hal yang dapat merugikan emilik hunian. Maka dari itulah sebaiknya anda sebagai pemilik rumah hunian selalu mengecek dan membersihkan saklar secara rutin.

Woman’s hand on a light switch showing that she is turning off the power and electricity to conserve energy

Untuk membersihkan saklar listrik dengan mudah dan aman kami akan memberikan beberapa tips untuk anda agar saklar selalu terawat dan dapat difungsikan untuk jangka waktu lama.

Matikan Seluruh Aliran Listrik

Sebelum akan membersihkan saklar, pastikan bahwa anda sudah mematikan seluruh aliran listrik agar lebih aman ketika membersihkan nanti. Jika tidak ingin mematikan listrik juga bukan menjadi masalah, namun Anda wajib memakai sarung tangan mencegah aliran setrum.

Mengelap Tangan Sampai Kering

Selain itu, sebelum melakukan bersih-bersih Anda wajib mengelap tangan sampai kering. Karena dalam keadaan basah aliran listrik dapat membuat tersetrum, sehingga bahaya yang terjadi serta risiko fatalnya akan mengakibatkan cedera.

Mematikan Saklar ke Posisi Off

Jangan lupa mematikan saklar ke posisi mati, bertujuan agar tidak ada aliran listrik meskipun rumah masih hidup. Jika saklar dalam keadaan mati, otomatis Anda akan aman dari bahaya tersengat listrik.

Semua alat yang digunakan tidak boleh basah, sehingga cara membersihkan saklar listrik sangat aman dapat dilakukan langsung. 

Buka Baut Secara Perlahan

Setiap saklar yang terpasang di rumah umumnya memiliki baut yang menjadi pengunci agar saklar dapat terpasang dengan baik, cek terlebih dahulu jumlah dan posisi baut sebelum anda akan membukanya agar nantinya jadi lebih mudah untuk dibersihkan.

Namun apabila anda merasa ragu untuk membersihkannya sendiri sebaiknya serahkan saja kepada jasa instalasi yang lebih memahami terkait sistem kerja instalasi listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *