5 Penyebab Kebocoran Pipa Air di Rumah

5 Penyebab Kebocoran Pipa Air di Rumah

5 Penyebab Kebocoran Pipa Air di Rumah. Kebocoran pada pipa adalah sebuah masalah yang tentunya sangat merugikan dan meresahkan . begitu juga aktivitas sehari hari di dalam rumah akan terganggu. Air bersih adalah kebutuhan pokok  dalam sebuah rumah tangga, karena air bersih fungsi nya dalam rumah tangga adalah sebagai untuk mandi, masak , nyuci dan lain sebagainya.  Dan disaat ini sumber air yang didapatkan  untuk kebutuhan rumah tangga  berasal dari dua sumber utama yaitu dari air sumur atau tanah dan PAM.  Dari kedua sumber tersebut  rumah –rumah masyarakat dialiri air dengan menggunakan instalasi jaringan pipa yang hampir keseluruhan masyarakat menggunakannya. Di dalam instalasi pipa tentunya terdapat jaringan instalasi pipa yang berada di atas plafon / langit-langit, lalu turun melalui tembok, adanya juga yang melalui bawah permukaan tanah , lantai dan juga jalan.

Instalasi jaringan pipa air bersih ini  masyarakat berharap bisa memiliki fungsi yang baik hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Di Negara kita Indonesia  penggunaan pipa berjeni PVC  yang paling banyak digunakan karena memiliki kekuatan pemakaian hingga usia pakai 50 tahun , kalau dalam kondisi pemasangan dan lingkungan yang ideal . tetapi di dalam kenyataannya kebanyakan terjadi kebocoran pada pipa  dimana rumah tersebut baru berumur 5 tahun . kebocoran ini juga sangat merugikan bagi pengguna air yang mengambil aliran air dari PAM yang membuat pembayaran air semakin melonjak besar akibat kebocoran yang terjadi.

Berikut  5 penyebab kebocoran pipa air dirumah

  1.       LEM PIPA

Pemasangan instalasi PIPA PVC menggunakan lem yang memiliki sifat solvent cement yang ketika digunakan bisa melunakkan dan juga bisa melarutkan bagian lapisan pipa maka ketika sudah kering lapisan pada pipa benar-benar menjadi satu bagian. Tetapi keseringan disaat pemasangan instalasi jaringan pipa  terdapat kesalahan  seperti lupa mengelem sambungan pipa, pengeleman yang tidak mengikuti prosedur yang benar . hal inilah yang membuat kebocoran  pada pipa air.

  1.       MEMPERBAIKI PIPA TANPA PROSEDUR YANG BENAR

Ketika memperbaiki pipa kebiasaan dari sebagian tukang pipa memakai trik dalam memperbaiki pipa  dan selalu mengabaikan penggunaan material dan teknik yang sesuai dengan prosedur.yang paling sering  dilakukan saat perbaikan  adalah disaat tidak tersedianya material  atau untuk mempercepat waktu kerja dan juga penghematan biaya, mereka mengakali dengan menggunakan material yang ada supaya pekerjaan cepat selesai .

  1.       KUALITAS DARI  PIPA

Masyarakat selalu berpikiran yang penting murah dan menghemat biaya . perlu diketahui kalau pipa air yang standar adalah pipa PVC yang digunakan untuk air bersih memakai standar AW yaitu Pipa PVC yang memiliki kemampuan menahan tekanan air sekitar sampai 10 Bar. Dan tekanan air perumahan umumnya antara 2 hingga 4 Bar. Dan  di masyarakat karena membeli dengan pemikiran murah dan hemat biaya menggunakan pipa yang tidak sesuai standar dan menyebabkan pipa mudah pecah dan mudah terjadi kebocoran yang besar.

  1.       TEKANAN AIR

Masyarakat  dalam membeli pompa dorong (booster pump)  yang terlalu besar padahal hanya untuk ukuran perumahan saja. hal ini bisa membuat akan timbulnya rembesan yang nantinya akan mengalami kebocoran dari sambungan pipa. Perlu diketahui tekanan air normal untuk perumahan  sekitar 2-4 Bar . maka dari itu belilah pompa air yang tekanannya sesuai dengan standar kebutuhan untuk dirumah.

  1.       FAKTOR EKSTERNAL.

Yang paling sering terjadi kebocoran pipa  disaat renovasi rumah atau pemasangan furniture baru contohnya toilet, lemari gantung , kitchen set dan lainnya. Makan Penyebab kebocoran ini kemungkinan akibat terkena bor, benturan atau tekanan yang lain. Hal ini sudah biasa terjadi.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *