Keramik Retak? Ini Penyebabnya

Keramik Retak? Ini Penyebabnya

Keramik Retak? Ini Penyebabnya

Lantai keramik yang tampak mulus dan bersih tentu menjadi dambaan bagi sebagian banyak orang pemilik rumah hunian. Tidak jarang, banyak orang yang kerap kali merasa kesal disaat keramik menjadi retak dan menggelembung atau popping.

Meskipun tidak ada benturan benda keras terhadap keramik, namun keretakan keramik dapat saja terjadi. Ada berbagai hal yang menyebabkan terjadinya hal tersebut, dan berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan keramik menjadi retak dan rusak.

Adukan Pasir dan Semen Kurang Berkualitas

Salah satu penyabab dari kermaik popping yang perlu diketahui adalah adukan kasir dan semen yang kurnag berkualitas. Seperti yang kita ketahui, adukan semen dan pasir berfungsi untuk mengeratkan keramik dengan lantai. Apabila takaran semen dengan pasir tidak seusia atau jelek, maka hal tersebut dapat mengakibatkan keramik menjadi popping dan bahkan menjadi retak dengan sendrinya.

Keramik Tidak Direndam

Penyebab berikutnya yang membuat lantai keramik popping yaitu karena keramik tidak direndam terlebih dulu sebelum dipasang ke permukaan lantai. Merendam keramik ke dalam air berfungsi agar semen mudah menempel pada permukaan bawah ke keramik. Jika keramik tidak direndam terlebih dulu, lambat laun kemarik akan mengalami popping atau terangkat hingga kemudian retak atau menimbulkan ledakan keras.

Perubahan Temperatur Tanah

Perubahan temperatur pada tanah juga bisa menjadi salah satu penyebab dari kerusakan keramik pada lantai. Adanya perubahan temperatur ini bahkan dapat menimbulkan sebuah ledakan keras. Umumnya, kondisi seperti ini terjadi saat musim panas atau kemarau. Temperatur panas yang meningkat akan membuat keramik memuai dan menggelembung atau terangkat. Proses terjadinya pemuaiannya ini dapat berlangsung cepat jika kualitas keramik buruk.

Kualitas Keramik Buruk

Kualitas keramik yang buruk juga dapat menjadi penyebab lantai keramik mengalami popping dan retak. Kualitas keramik yang buruk cenderung memiliki ketahanan yang juga buruk, sehingga membuat keramik tidak mudah retak atau rusak.

Pernah Terendam Banjir

Lantai yang pernah terendam oleh banjir juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya popping pada keramik. Hal tersebut dikarenakan sisa air banjir dapat meresap ke sela sela keramik dan membuat semen perekat menjadi terkikis sehingga keramik akan menjadi lebih mudah terangkat dari permukaan lantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *