Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

Tips Posisi Terbaik Untuk AC di Kamar Tidur

Banyak orang yang terkadang memasang AC di dalam kamar tidur tanpa melakukan sebuah pertimbangan atau perhitungan dalam meletakan AC sehingga AC tidak dapat memberikan manfaat sebagaimana mestinya.

Penempatan AC pada posisi yang salah akan membuat AC tidak dapat bekerja secara efektif sehingga suhu udara di dalam ruangan akan sulit menjadi sejuk, maka dari itu pastikan bahwa anda menempatkan Ac pada posisi yang tepat, jika akan meletakkannya di dalam kamar tidur.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menempatkan posisi AC pada kamar tidur.

  1. Ketinggian AC Minimal 2,5 Meter

Jarak penempatan AC yang ideal di dalam kamar tidur adalah berjarak 2,5 meter. 2,5 meter diukur dari posisi lantai dengan Ac. AC yang terlalu dekat dengan lantai hanya akan membuat lantai terasa lebih dingin, yang sementara suhu pada bagian lainnya terasa hangat, dan inilah salah satu penyebab mengapa AC terkadang tidak dapat membuat suhu di dalam ruangan terasa sejuk.

Selain memperhatikan jarak lantai dengan AC, jarak Ac dengan plafon juga perlu diperhatikan. Untuk penempatan AC sebaiknya menyisihkan sedikit jarak antara plafon dengan AC yang berjarak minimal 15 cm. adanya jarak antara AC dengan plafon dalam membuat kinerja AC menjadi lebih baik, sebab dalam sistem kerja AC akan menarik udara yang ada disekitar dan merubahnya dengan udara yang sejuk. Jika posisi AC terlalu dekat dengan plafon, maka akan menyulitkan AC untuk bekerja sebagaimana mestinya.

  1. Tidak Menghadap ke Tempat Tidur

Untuk penempatan AC juga sebaiknya tidak menghadap langsung ke tempat tidur apalagi jika udara yang keluar dari AC langsung mengenai posisi kepala. Jika udara yang keluar dari AC secara langsung mengenai kepala maka hal tersebut dapat mengganggu saluran pernapasan, sakit kepala, dan bahkan adanya gangguan pada fungsi paru paru. Jadi, sebaiknya posisi AC berada di sisi tempat tidur. Anda bisa meletakkannya di sebelah kiri, ataupun di sebelah kanan ranjang Anda. Akan lebih tepat bila tidak mengarah ke bagian kepala Anda.

  1. Jarak AC Indoor dan Outdoor

Untuk penempatan exhaust fan dengan posisi AC sebaiknya tidak terlalu berjauhan. Jarak exhaust fan dengan AC yang terlalu jauh akan membutuhkan kabel atau pipa penghubung yang cukup panjang dan hal tersebut akan memperlambat kinerja AC. Logikanya, pipa udara yang terlalu panjang akan membuat proses sirkulasi udara menjadi lebih lambat sebab membutuhkan waktu untuk tiba di ujung pipa dan keluar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *