Tips Pilih Desain dan Material Jendela

Tips Pilih Desain dan Material Jendela

Tips Pilih Desain dan Material Jendela, Ketika kita memutuskan untuk membeli jendela, biasanya kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan jendela yang terbuat dengan berbagai material seperti kayu, kaca, besi dan lain sebagainya.

Kesalahan dalam memilih material jendela akan mempengaruhi fungsi dan ketahanan dari jendela yang akan digunakan. Agar anda tidak salah dalam memilih material jendela, berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih material jendela.

Material Besi

Ketahanan dan kekuatan dari jendela bermaterial besi memang tidak dapat diragukan lagi. Material besi yang terkenal dengan kekuatannya ini pastinya dapat digunakan untuk jangka waktu yang cukup panjang, namun berbeda jika jendela diletakan pada tempat tempat yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi seperti toilet atau kamar mandi.

Seperti yang diketahui, besi tidak akan bertahan lama jika secara terus menerus terkena air sebab akan menimbulkan karatan pada besi. Jika anda akan menggunakan jendela yang mengandung material besi di dalam kamar mandi atau toilet, sebaiknya menempatkan jendela pada bagian ruangan yang tinggi, yang tidak akan terjangkau oleh air ketika toilet dan kamar mandi digunakan.

Material Kayu

Pada beberapa rumah hunian yang bergaya klasik dan natural biasanya menggunakan jendela yang berbahan kayu. Ketahanan dari jendela yang berbahan kayu tentu tidak kalah dari material lainnya. Serat kayu yang semakin mengering akan membuat kayu semakin kokoh dan kuat sehingga jendela dengan bahan pembuatan kayu paling cocok digunakan pada ruangan yang kering.

Hindari meletakan jendela bermaterial kayu pada bagian rumah yang mudah terkena hujan, sebab jika kayu dalam kondisi basah, akan memberikan perubahan pada ukuran jendela. Kayu yang basah umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kayu yang dalam kondisi kering yang telah menyusut.

Material Kaca

Pada rumah hunian bergaya modern seperti saat ini, terlihat lebih banyak menggunakan jendela yang terbuat dari material kaca. Jendela yang terbuat dari kaca umumnya cocok untuk segala ruangan, baik ruangan yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi maupun ruangan yang memiliki tingkat kelembaban yang rendah, sehingga tidak heran jika jendela kaca dinilai sebagai jendela terbaik dibandingkan jenis jenis jendela lainnya, namun dibalik dari sebuah kelebihan pasti ada kekurangannya.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh jendela akan adalah ketahanannya. Jendela kaca umumnya tidak tahan terhadap benturan sehingga tidak dianjurkan untuk meletakan jendela pada bagian rumah yang menjadi aktivitas bermain anak anak seperti di lapangan. Jendela kaca yang terbentur benda keras akan membuatnya mudah pecah, ketika jendela kaca pecah, mau tidak mau anda harus menggantinya dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *