Tips Memilih Keramik Ruang Keluarga

Tips Memilih Keramik Ruang Keluarga

Tips Memilih Keramik Ruang Keluarga, Keramik merupakan salah satu material yang digunakan dalam pembangunan lantai pada ruangan atau rumah hunian.

Dari beberapa jenis material pembuatan lantai, keramik merupakan material yang paling popular di kalangan masyarakat, sebab selain memiliki banyak corak dan motif, harga lantai keramik juga relatif terjangkau.

Banykanya pilihan jenis keramik yang beredar di pasaran, membuat kita harus cermat dan pandai dalam memilih keramik agar nantinya motif atau jenis keramik dapat sesuai dnegan selera masing masing. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih keramik untuk ruangan keluarga.

Pastikan Motif Keramik Tidak Bentrok dengan Desain Ruangan

Sebelum anda menentukan motif keramik yang akan anda gunakan, pastikan bahwa anda mempertimbangkan gaya desain yang berlaku pada ruangan. 

Ukuran Ruangan

Menyesuaikan ukuran keramik dengan luas ruangan juga tidak kalah pentingnya. Ruang dengan ukuran besar akan tampak semakin lapang dan terbuka jika menggunakan keramik dengan ukuran yang besar, misalnya anda memilih keramik dengan ukuran 60×60 dengan ukuran yang besar, akan lebih cocok diletakan pada ruangan, kamar tamu, dapur, serta ruang makan. Berbeda dengan penempatan keramik dengan ukuran kecil yang biasanya diletakan pada ruangan ruangan dengan luas terbatas seperti misalnya kamar mandi dan toilet.

Untuk keramik kamar mandi, ruang nat yang banyak pada keramik-keramik ukuran kecil bisa menambahkan traksi lebih bagi kaki sehingga tidak mudah tergelincir. Sebagai tambahan, keramik ukuran kecil juga umum digunakan sebagai keramik backsplash di dapur.

Warna Keramik

Pemilihan warna dari keramik yang digunakan akan mempengaruhi kesan yang disuguhkan oleh ruangan tersebut. ruangan ruangan yang sempit akan lebih cocok jika menggunakan warna warna yang bersifat cerak, sebab warna yang cerah pada lantai dapat membuat ruangan terkesan lega dan luas. Apalagi yang disertai dengan sistem pencahayaan yang cukup pasti akan membuat ruangan terasa lebih lapang.

Untuk area yang menjadi tempat hilir mudik atau beraktivitas, coba gunakan keramik lantai dengan warna kombinasi, sebab perbedaan warna yang kontras pada ruangan akan menyamarkan lantai yang mudah kotor.

Pola dan Tekstur Keramik Lantai

Terkait pola dan tekstur keramik lantai, semuanya terserah pada selera Anda. Pilihan keramik mengkilap atau tidak mengkilap (unglazed), polos atau berpola tertentu adalah pilihan individual. Hanya saja, yang perlu diperhatikan, adalah bahwa keramik mengkilap lebih mudah dibersihkan. Sementara itu, keramik unglazed memerlukan polesan agar tidak cepat kotor atau ternoda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *