Berapa Lama Idealnya Waktu yang Dibutuhkan Untuk Renovasi Rumah?

Berapa Lama Idealnya Waktu yang Dibutuhkan Untuk Renovasi Rumah?

Berapa Lama Idealnya Waktu yang Dibutuhkan Untuk Renovasi Rumah?

Merenovasi rumah adalah konsekuensi logis dari perkembangan kebutuhan pemiliknya. Bertambahnya jumlah penghuni di dalam rumah menjadi salah satu faktor penyebab rumah harus direnovasi sebab luas bangunan rumah yang tersedia tidak memfasilitasi dengan baik.

Dalam merenovasi rumah sudah menjadi hal yang wajar jika ingin mengetahui estimasi waktu pengerjaannya yang apalagi jika rumah tersebut merupakan rumah hunian satu satunya pastinya kita ingin rumah tersebut cepat terselesaikan.

Dalam memperoleh estimasi waktu renovasi sebenarnya tergantung dari seberapa luas bangunan yang akan direnovasi dan seberapa banyak unsur material yang akan diganti serta tingginya tingkat kerumitan dalam mengerjakan renovasi yang bergantung dari kebutuhan masing masing pemilik rumah renovasi.

Dalam merenovasi rumah rata rata estimasi waktu yang dihabiskan berdasarkan ruangannya sebagai berikut.

  1. Kamar Tidur – perlu setidaknya 4-6 minggu. Bagian tersulit adalah mengungsikan seluruh isi kamar dan kemudian menata ulang. Terutama bagi mereka yang memiliki kamar tidur bagaikan miniatur dari rumah, semua ada dan disimpan disana. 

Semakin banyak barang yang harus diungsikan tentu akan semakin banyak waktu yang dibutuhkan, terlebih lagi jika seluruh material belum tersedia tentu anda juga akan membutuhkan waktu untuk mempersiapkan material yang akan digunakan.

  1. Kamar Mandi – secara umum perlu waktu sekitar 4-5 minggu. Ini jika perlu memindahkan kloset atau meluaskan kamar mandi. Jika perbaikan kecil seperti mengganti ubin atau mengecat ulang biasanya hanya perlu 2 minggu saja. Kecuali kalau ubinnya berbentuk puzzle 1000 pieces atau cat kombinasi warna yang diterapkan di dalam ruangan atau mungkin ingin mengganti semua instalasi listrik dengan yang baru.
  2. Dapur – membutuhkan waktu rata-rata 6 minggu, tetapi tergantung juga kepada ukuran proyek dan detail yang diinginkan pemilik. Semakin tinggi kerumitan dalam merenovasi dapur tentu akan semakin banyak waktu yang dibutuhkan, apalagi ruangan daur merupakan ruangan yang memiliki sangat banyak perabot tentu bukanlah waktu yang sebentar untuk mengungsikan semua isi dapur.

Untuk mempersingkat waktu dalam proses renovasi sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan desainer interior yang akan menata rumah. anda juga perlu menyediakan segala jenis material yang akan dibutuhkan dalam proses renovasi sehingga pengerjaannya dapat berjalan dengan lancar, bukan terhambat karena kekurangan material.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *