10 Cara Mengecat Tembok yang Benar untuk Pemula

10 Cara Mengecat Tembok yang Benar untuk Pemula

Pastinya kita akna pernah merasakan bosan dengan situasi rumah yang begitu-begitu saja. Dan juga melihat warna dinding yang sudah kusam atau sudah pada kotor. Itu bisa membuat pemandangan di rumah begitu membosannkan dan pikiran di tempat kerja lagi ruet, dirumahpun juga bisa tambah ruet. Solusinya kita bisa mengecat dinding tembok rumah kita sendiri tanpa perlu memanggil tukang.  Sekarang ini kita akan memberikan  cara  mengecat dinding dengan baik dan benar. Berikut  sepuluh cara mengecat Tembok yang Benar bagi pemula.:

  • Persiapkan alat

dalam proses pengecatan yang paling penting adalah dalam mempersiapkan peralatan yang nantinya akan kita gunakan untuk mengecat antara lain seperti kaleng air,bak cat, kuas,roller,lakban, masking tape,Koran,ampals,tangga dan juga dempul.

  • Membersihkan Tembok

Setelah peralatan di persiapkan semuanya , kita akan memulai dengan membersihkan kotoran yang berada di permukaan dinding,  tujuannya agar dinding tembok yang sudah dibersihkan , permukaan akan halus dan rata.  Cara membersihkannya bisa menggunakan vacuum cleaner atau bisa juga dengan kemoceng. Kalau ada noda yang susah dibersihkan bisa kita coba dengan air deterjen dan diusapkan menggunakan spons. Setelah itu di diamkan sampai mongering.

  • Menutup area yang tidak di cat

Untuk menutup bagian yang tidak di cat seperti bagian bingkai jendela,gagang pintu,tepi plafond an yang lainnya .kita bisa menutupnya dengan Lakban .

 Untuk bagian yang berada disekitar tembok yang tidak akan di cat kita bisa menutupi nya dengan Koran. Jangan lupa saat sudah selesai mengecat , lakban bisa langsung di lepas . jika disaat cat kering lakban baru di lepas, dikhawatirkan nantinya cat nya ikut keccabut.

  • Menutup bagian tembok yang retak

Kalau ada dinding tembok yang retak atau berlubang . kita bisa menutupnya dengan dempul dan setelah ditutup kita amplas ,agar dempul dan tembok sama rata. Agar hasil dempulan terlihat rata dan mengkilap, kita bisa mengoleskan prmer cat di bagian yang di dempul .

  • Mengaduk Cat

Cat yang baru beli  wajib diaduk dahulu agar tidak terjadi gumpalan pada cat. Kita wajib mengaduk terlebih dahulu  dengan waktu kurang lebih lima  menit. Setelah itu kita bisa mencampurkan cat yang akan digunakan bisa 10% dengan cat yang sudah diaduk sebelumnya,kemudian diaduk kembali.

  • Mencampur Cat

Kita perlu mencapurkan cat tembok yang sudah kita beli dengan Water based atau solvent yang bisa membuat hasli cat yang rata,halus,tahan lama dan juga tidak gampang mengelupas. Atau bisa juga mencampur cat dengan wall sealer yang fungsinya hanya untuk menyesuaikan ph semen pada dinding tembok dan ph cat  yang bisa membuat cat lebih tahan lama.

  • Cat Dasar

Jika kita akan mengganti warna cat, kita harus mengamplas dulu cat yang lama ,agar cat yang lama terlepas semua. Dan baru kita bisa memulai mengecat dengan warna Dasar. Gunakan Warna dasar putih agar warna yang kita pilih menjadi lebih terang .

  • Pakai kuas kecil

Gunakan alat penegcatan seperti roller,karena bisa mempermudah dan juga cepat dalam proses pengecatan . untuk bagian sudut yang sulit kita bisa menggunakan kuas kecil,agar bisa terlihat rapid an juga hasilny akan pasti memuaskan.

  • Tips pegecatan tembok

Tips pengecatan ini jarang yang mengetahui nya , teknik pengecatan itu bsia membuat hasil pada permukaan tembok menjadi rata  dengan cat. Teknik ini dinamakan teknik zigzag. Bisa kita gunakan berulang kali sampai tembok pada dinding permukaan rata  dengan baik. 10 Cara Mengecat Tembok yang Benar untuk Pemula

  • Membersihkan alat dan cara menyimpan cat

Agar sisa cat yang ada di alat roller,kuas  tidak mongering, selesai menggunakan langsung di cuci dengan air yang bersih. kalau sudah mengering nantinya saat kita kan menggunakan lagi akan susah untuk di gunakan .dan alat cepat rusak.

Simpan alat-alat  dengan rapi agar tidak berserakan dan bisa hilang. Dan untuk cat ,kita harus menutupnya dengan rapat, dan jangan sampai dijangkau oleh  anak anak. 

Begitulah  10 cara mengecat tembok yang benar untuk pemula  semoga artikel ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *