Lima Tips Memilih Jenis Pencahayaan di Rumah

Lima Tips Memilih Jenis Pencahayaan di Rumah

Lima Tips Memilih Jenis Pencahayaan di Rumah – Rumah merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam dekorasi rumah. Rumah dengan akses cahaya yang cukup dapat membuat para penghuni rumah terasa nyaman dan terutama saat beraktivitas di waktu malam hari.

Sistem pencahayaan dalam dekorasi rumah terbagi menjadi tiga bagian yaitu lampu dasar/utama, lampu aksen dan lampu kerja.

Agar sistem pencahayaan dalam sebuah rumah dapat menjadi maksimal, anda beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan berikut ini ada 5 tips memilih jenis pencahayaan di rumah.

  1. Pencahayaan dasar atau lampu utama

Pencahayaan dasar adalah lampu utama yang dapat anda gunakan sebagai sumber pencahayaan utama. Dalam sebuah rumah biasanya setiap ruangan akan dilengkapi dengan pencahayaan dasar atau pencahayaan utama sebagai sumber cahaya yang sistem penerangannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan masing masing. 

  1. Lampu Aksen

Lampu aksen adalah sistem pencahayaan yang biasanya difokuskan pada suatu titik atau sudut rumah. Jenis lampu ini biasanya akan digunakan untuk menyorot bagian rumah yang terlihat indah dan istimewa seperti lukisan, taman, patung dan lain sebagainya.

  1. Lampu Kerja

Task lighting atau lampu kerja sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan lampu aksen yang ditujukan untuk menyorot pada area area tertentu saja. sesuai dengan namanya lampu kerja difungsikan sebagai alat bantu pencahayaan untuk aktivitas kerja, belajar dan lain sebagainya. Lampu kerja ini biasanya diletakkan di dekat dekat meja, ruang tamu dan lain sebagainya.

  1. Lampu Strip

Lampu strip biasanya digunakan sebagai sistem pencahayaan tambahan yang dimana lampu strip biasanya diletakan di cela cela furniture dan biasanya juga diletakan di bagian bagian dinding rumah untuk mendapatkan aksen pencahayaan yang bervariasi, untuk menciptakan suasana rumah yang bervariasi dan tampak lebih ramai.

  1. Cahaya Alami

Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki akses pencahayaan alami yang cukup, pasalnya sistem pencahayaan alami berasal dari sinar matahari.

Adanya akses cahaya alami yang masuk ke dalam rumah, selain dapat menyehatkan sistem pencahayaan alami juga dapat mengontrol tingkat kelembaban ruangan sehingga menghambat pertumbuhan jamur dan di lain sisi adanya sistem pencahayaan alami juga dapat mengurangi penggunaan listrik sehingga dapat menghemat jumlah tagihan listrik bulanan.

Nah itulah sistem pencahayaan yang perlu anda pertimbangkan dalam memaksimalkan sistem pencahayaan di dalam rumah baik saat malam hari maupun saat siang hari. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *