Cara Memasang Kusen Pintu Aluminium Pada Tembok

Cara Memasang Kusen Pintu Aluminium Pada Tembok

Kusen Aluminium memiliki kelebihan dibanding dengan kusen kayu, kusen aluminium tahan akan rayap, tidak mudah berkarat dan juga mudah dibersihkan , kalau kusen kayu rawan dimakan rayap, dibersihkan susah jika kotor dan juga tidak tahan lama. Tidak heran jika disaat ini kusen aluminium semakin banyak peminatnya di masyarakat. Sebagaimana pengganti kusen kayu, yang dahulu telah populer.   Baik disini penulis akan menguraikan bagaimana cara memasang kusen pintu aluminium pada tembok dengan mendapatkan hasil pemasangan yang memiliki kualitas pastinya terbaik dan juga kokoh.

Sebelum kita memulai pemasangannya , pastinya kita wajib menyiapkan bahan bahan dan juga alat-alat yang akan digunakan. Yaitu

Bahan –bahan

  1. Sealant, semen atau mortar
  2. Rangkaian pintu yang telah siap untuk di pasang. Seperti  kusen ,daun pintu
  3. Fisher
  4. Sekrup
  5. Isolasi plastic atau kertas
  6. Kusen aluminium yang nantinya akan kita pasang.

Setelah mempersiapkan  bahan bangunan, sekarang kita siapkan alat –alat yang diperlukan

  • Baji kayu atau karet.
  • Obeng min  (- ) dan ples(+)
  • Bor Tembok.

Sekarang kita memulai bagaimana cara memasang kusen pintu aluminium pada tembok

  1. Disaat kita akan memasang dinding pada tembok  berbahan batu bata atau Gypsum , setidaknya kita sudah mempersiapkan lobang pada kusen supaya kita tidak membongkar lagi, pada ukuran lobang kita bisa sesuaikan pada ukuran kusen kemudian ditambah 1 centimeter untuk tempat sealant.
  2. Kemudian kita memulai memasukan kusen  pada  lobang yang sudah disiapkan sebelumnya , aturlah posisi kusen dengan memakai alat beji agar posisinya pas.  Setelah pas posisinya , baru kita  atur kelurusan kusen dengan dinding tembok.  Atur ketegakan dan kedataran sampai benar-benar pas dan bagus.
  3. Setelah itu buatlah lobang untuk memasukan skrup pada dinding tembok  dengan menggunakan alat bor. Setelah itu masukan fisher ke dalam lobang bor yang sudah di buat , kemudian kita pakai obeng untuk mengencangkannya.
  4. Kita mempersiapkan daun pintu yang sudah dirangkai   contohnya sudah dipasang kaca dan sempurna.
  5. Daun pintu  kita msukan kedalam lobang kusen , setelah itu pasang semua aksesorisnya seperti engsel, roda,rel,handle door closer dan yang lainnya.
  6. Setelah terpasang semua aksesorisnya kita lakukan finishing tembok dengan menggunakan bahan  mortar/semen dan juga sealant. Pengisian dilakukan sampai tertutup semuanya tertutup celah antara kusen dan juga dinding.
  7. Disaat pemasangan  biasanya rawan terjadinya goresan ,juga benturan yang membuat kerusakan  pada kusen maka dari itu perlu adanya pelindung dengan meggunakan bahan isolasi plastic atau kertas yang jika nanti terjadi benturan dindin kusen tidak rusak atau tergores.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *