Tips Mudah Merawat Taman Kaktus Mini

Tips Mudah Merawat Taman Kaktus Mini

Tips Mudah Merawat Taman Kaktus Mini, Cara Penyiraman dan Komposisi Media Tanam Harus Tepat

Sejak beberapa tahun lalu kaktus menjadi jenis tanam yang kerap kali dipilih untuk menghiasi rumah. Tidak jarang banyak pecinta tanaman hias yang rela mengeluarkan anggaran yang besar hanya untuk membeli tanaman tanaman kaktus yang mereka inginkan.

Merawat tanaman kaktus dapat dikatakan cukuplah mudah karena anda tidak perlu banyak banyak menyiram tanaman kaktus karena pada dasarnya tanaman kaktus sudah menyimpan banyak air di dalam batangnya sehingga jika tanaman terlalu sering disiram akan mudah membusuk dan mati. 

Nah bagi anda para pecinta tanaman kaktus atau sukulen berikut ini kami akan berbagi beberapa tips terkait cara [perawatan tanaman kaktus mulai dari cara menyiram, media tanam hingga komposisi dalam membuat media tanam yang tepat.

 

Mengenal Jenis Tanaman Kaktus

Sebelum anda memutuskan untuk merawat atau membeli tanaman kaktus, ada baiknya anda mengenal jenis dari tanaman itu sendiri pasalnya tanaman kaktus terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari kaktus yang tahan panas, tidak suka lembab, dan lain sebagainya.

Dengan mengenal jenis dan sifat dari tanaman kaktus tersebut, anda akan menjadi lebih mudah dalam perawatannya, namun sebagian besar dari jenis jenis kaktus cenderung tidak menyukai jika media tanam mereka terlalu basah karena tanaman kaktus akan mudah membusuk jika media tanamnya terlalu basah, maka dari itu siramlah tanaman kaktus anda jika media tanamnya benar benar kering.

Media Tanam yang Tepat

Media tanam merupakan suatu hal yang paling penting untuk anda perhatikan jika anda tidak ingin tanaman kaktus anda layu dan mudah mati. Untuk media tanam yang baik untuk tanaman kaktus adalah media tanam yang berpori atau tidak padat agar ketika tanaman disiram kondisi media tanam tidak akan mudah becek.

Untuk membuat media tanam yang baik, anda bisa mencampurkan tanah dengan kerikil kecil dengan sekam, ini bertujuan agar ketika tanaman disiram air tidak akan becek, namun jangan lupa juga mencampur media tanam dengan pupuk kandang. Untuk pupuk kandang yang paling bagus untuk tanaman adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi, kuda dan kambing.

Cara Perawatan

Untuk perawatan tanaman kaktus sendiri bukanlah hal yang sulit, asalkan anda sudah memperhatikan poin pertama dan kedua yang dijelaskan sebelumnya. Untuk masalah penyiraman dan perawatan, anda hanya perlu menyiram tanaman kaktus hanya ketika kondisi benar benar kering saja. Jangan biarkan kaktus terpapar hujan dan panas secara langsung karena dapat membuat kaktus busuk dan kering. Untuk penempatannya, sebaiknya anda memberikan atap sebagai pelindung tanaman kaktus anda.

Itulah beberapa tips terkait cara perawatan tanaman kaktus yang baik agar tetap tumbuh dan subur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *