7 Cara Menanam Rumput Gajah Mini

7 Cara Menanam Rumput Gajah Mini

7 Cara menanam rumput gajah mini. Dalam merencanakan  sebuah taman atau halaman rumah yang indah dan segar  adalah salah satu impian setiap orang, dengan menata  memperindah dan menghijaukan lingkungan  merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan.   Dengan adanya taman yang asri dan hijau , biasanya bisa juga dijadikan sebuah media untuk penyembuhan dalam mengurangi stress. Halaman rumah yang asri dapat dengan mudah untuk mendekatkan kita dengan alam.

Mempunyai halaman luas ataupun sedikit kalau ingin menghijaukan, alternatifnya dengan menanam rumput . Rumput hias sangatlah pas untuk dijadikan pilihan yang sudah lazim dalam desain eksterior. Adapun jenis rumput yang dapat kita tanam  seperti  Rumput gajah, Rumput Gajah mini, Rumput peking, sampai dengan rumput Swiss.  Kalau halaman kalian di rumah sudah lumayan banyak tanaman  dan kurang terlalu terkena sinar matahari , Jenis rumput yang paling cocok ditanam adalah rumput gajah mini.

Rumput gajah mini merupakan rumput gajah yang lebih kecil sesuai dengan namanya. Nama lain dari rumput gajah mini adalah  Pennisetum purpureum  . Rumput gajah mini sudah banyak yang menanamnya untuk halaman rumah. Berikut 7 cara menanam Rumput Gajah Mini.

  1.       Menyiapkan Peralatan  Untuk Berkebun

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum kalian memulai menanam rumput gajah mini yaitu mempersiapkan peralatan untuk berkebun seperti sekop, Garpu taman,selang taman, gunting taman, pupuk kompos dan sarung tangan agar tangan kalian tidak  kotor ketika berkebun.

  1.       Menggemburkan tanah

Kalian perlu memastikan kalau teman yang akan ditanami rumput gajah mini dapat menerima sinar matahari secara langsung paling kurang lebih sekitar 6 jam . kalau sudah memastikan nya langkah selanjutnya kalian mulai gemburkan tanah sedalam 6-8 inci  dengan mempergunakan garpu taman atau sekop.

  1.       Menaburkan Pupuk Kompos.

Setelah kalian menggemburkan tanah , kemudian kalian menggali tanah sedalam 2 hingga 3 inci tujuannya untuk menaburkan pupuk kompos pada tanah yang dapat menambah kesuburan dan drainase tanah. Untuk kedalaman lubang  yang digali harus sama dan dua kali lebih lebar dari tempat rumput gajah mini.

  1.       Memulai Tanam rumput Gajah mini.

Langkah yang keempat adalah tanam rumput gajah mini dengan posisi zig zag dan berilah jarak dua sampai enam kaki supaya rumput dapat tumbuh dengan maksimal. Letakkan tanaman , bola akar dan seluruhnya , ditengah lubang. Kumpulkan tanah pada sekitar untuk mengisi lubang.

  1.       Menyiram rumput

Setelah selesai kalian menanam rumput gajah mini dengan rapi.  Kalian perlu menyiram rumput ini dengan ketinggian air 1 inci diatas rumput. Adapun untuk cara yang baik untuk menyiram rumput gajah mini dengan memakai semprotan halus yang memiliki lubang –lubang kecil. Dengan menggunakan semprotan dengan lubang kecil bisa mencegah area rumput gajah mini tidak tergenang oleh air. Lakukan penyiraman sehari cukup dua kali saja, jika  hujan turun , kalian tidak perlu menyiramnya , karena air hujan sudah cukup untuk menjaga  kondisi rumput gajah mini tetap subur.

  1.       Memberikan Pupuk kembali

Ketika rumput gajah mini yang kalian tanam sudah berusia selama 20 hari , kalian dapat memberikan pupuk lagi seperti pupuk urea atau pupuk NPK. Tujuannya untuk mencukupi nutrisi rumput gajah mini, dapat juga menunjang pertumbuhan rumput.

  1.       Mencegah hama dan gulma

Untuk langkah yang terakhir , kalian pastikan disekitar rumput gajah mini tidak terdapat hama dan gulma yang tumbuh.  Sama seperti tanaman hias lainnya. Tumbuhnya gulma dapat merebut nutrisi dari tanaman utama yaitu rumput gajah mini. Ketika melihat gulma yang tumbuh . segeralah mencabutnya hingga ke akarnya .

Untuk mencegah Hama , kalian dapat menyemprotkan pestisida ke area taman , agar rumput gajah mini selalu terlindungi dari penyakit yang menjadikan busuk atau bis mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *