Berikut Tips Menata Kembali Keuangan Setelah Lebaran

Berikut Tips Menata Kembali Keuangan Setelah Lebaran

Berikut tips menata kembali keuangan setelah Lebaran – Momen hari raya lebaran kini sudah berakhir, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hari raya lebaran justru membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Apalagi jika anda tergolong ke kategori orang yang tidak terlalu memperhatikan pola pengaturan finansial, tanpa memprioritaskan kebutuhan primer.

Banyaknya promo dan kebutuhan di hari raya pastinya akan membuat anda menghabiskan cukup banyak biaya sehingga uang THR pun tidak lagi tersisa. Sebenarnya ada beberapa keperluan yang sebenarnya dapat ditunda tanpa harus menguras terlalu banyak uang atau pengeluaran anda di hari raya.

Kini sudah saatnya anda mengatur keuangan anda kembali setelah banyaknya keperluan yang dikeluarkan di hari raya lebaran. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam mengatur uang anda kembali setelah hari raya lebaran dan belajar dari sebuah pengalaman.

  1. Pahami hakikat Ramadan dan Lebaran

Bulan ramadhan yang diakhiri dengan lebaran merupakan sebuah momen bagi para umat islam dalam mengasah empati, merefleksikan diri, dan berbagi kebaikan dengan sesame. Namun sayangnya masih ada banyak orang yang berlaku konsumtif.

Tidak jarang banyak yang terkadang memiliki kebutuhan yang jauh daripada penghasilan yang pada akhirnya akan menimbulkan hutang yang pastinya akan membuat masalah dalam keuangan anda. Jika anda mengalami hal tersebut, maka segeralah intropeksi diri anda dan jangan sampai hal yang serupa terulang kembali di masa yang akan datang.

  1. Belanja dengan cerdas

Sebagian besar orang yang mengalami masalah keuangan pasca lebaran adalah orang orang yang tidak dapat mengontrol dirinya dalam berbelanja di hari raya lebaran. Mengingat menjelang hari raya lebaran, banyak diskon yang kerap kali dilakukan oleh banyak pedagang tentu saja membuat banyak orang merasa tertarik dengan barang barang tersebut, apalagi barang tersebut merupakan barang yang dibutuhkan.

Agar masalah keuangan anda dapat terkendali, cobalah untuk membeli mana barang yang menurut anda benar benar dibutuhkan saja dan tundalah membeli barang barang yang dapat ditunda.

  1. Perketat pengeluaran

Kondisi keuangan pasca lebaran yang tidak sehat tentunya akan membuat anda merasa kesulitan dan terbatas dalam memenuhi sebuah keinginan akan suatu barang. untuk memperbaiki kondisi keuangan pasca lebaran, anda dapat memperketat pengeluaran anda dengan membuat daftar keperluan yang seharusnya anda  beli yang pastinya tidak mencantumkan barang atau keperluan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Itulah beberapa tips dan cara memperbaiki keuangan anda setelah hari raya lebaran. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *