Tips Mengukur Kebutuhan Rangka Baja Ringan untuk Rumah

Tips Mengukur Kebutuhan Rangka Baja Ringan untuk Rumah

Tips Mengukur Kebutuhan Rangka Baja Ringan untuk Rumah. Beberapa tahun belakangan ini rangka  baja ringan  telah menjadi populer  dibandingkan dengan rangka kayu.  Rangka baja ringan memiliki sejumlah keunggulan  termasuk soal harga. . untuk spesifikasi kanal c 7,5 cm  yang memiliki ketebalan 0,75 mm harga rangka baja ringan hanya  Rp. 100.000  hingga 150.000 per m2. Dengan ukuran yang sama . dan harga rangka kayu bisa lebih mahal sekitar Rp. 206.000 per m2

Dalam perawatannya juga rangka baja ringan  lebih hemat  , karena diketahui kalau material sudah dilengkapi lapisan anti karat dan juga tidak  akan dimakan rayap. Dan  rangka baja ringan juga mudah dipotong dan di hubungkan memakai material penghubung , sehingga dapat mempermudah dalam penyambungan  dan pembentukan.

Dalam pemakaian rangka baja ringan  yang tidak boleh diabaikan dalam pemakaian penutup atap, sebab bisa mempengaruhi ketebalan kanal C. kalau pemakaian atap yang memiliki bobot ringan seperti genteng metal atau asbes, , bisa memakai kanal C yang ketebalannya 0,75 mm.

Tetapi jika penutup atap dengan berat diatas 59 kg seperti genteng keramik , genteng tanah liat , atau genteng beton , disarankan memakai baja ringan Kanal C ukuran 75 x 1 mm.

Berikut ini cara menghitung Kebutuhan rangka baja Ringan

Ketika kalian membangun rumah ,  untuk menghitung kebutuhan rangka baja ringan  adalah keharusan . kebutuhan rangka baja ringan dapat mempengaruhi  biaya dalam pembangunan rumah  dan material  .

Supaya kalian bisa mengetahui volume rangka baja  ringan yang kalian butuhkan,  kalian dapat memakai rumus berupa panjang bangunan overstek  pada kedua sisi, atau disebut juga cos a (kemiringan sudut atap).

Jika dihitung dengan  perkiraan bangunan yang ada contoh nya  sebuah rumah mempunyai atap  4 meter dan lebar 5 meter dengan overstek 1 meter  pada setiap  sisinya  dengan kemiringan atap 30 derajat , maka untuk perhitungannya adalah ( 4+1+1) x (5+1+1)  atau bisa juga (cos 30° = 0,866 ) = 6 x 7  atau 0,866 = 138 meter persegi atau 0,866 = 51 meter persegi.

Dengan mengetahui cara mengukur kebutuhan rangka baja ringan  untuk rumah yang nantinya kalian bangun maka kalian dapat memperhitungkan  atau menyiapkan  anggaran khusus untuk kebutuhan rangka baja ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *