Agar Lebih Siap Hadapi Banjir, Simak Sejumlah Tips Berikut Ini

Tinggal di kawasan rawan banjir memang membuat kita merasa tidak tenang, apalagi di saat datangnya musim penghujan, pastinya perasaan akan merasa tidak tenang dan tidak nyaman karena bencana banjir dapat datang kapan saja dan tentunya dapat merusak berbagai macam furniture dan perabot yang ada di dalam rumah terutama barang barang elektronik pastinya akan sangat rusak saat terkena banjir.

Untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh banjir, anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh banjir, seperti apa tips tersebut.? yuk mari kita simak sebagai berikut.

Persiapan Sebelum Banjir

Sebelum musim penghujan datang anda dapat mengecek lokasi sekitar pemukiman anda, pastikan bahwa setiap saluran air tidak ada yang tersumbat. Jika saluran seperti got, selokan dan lain sebagainya dipenuhi oleh lumpur, sampah dan lainnya maka bersihkan dengan segera untuk menghadapi musim penghujan yang akan datang, dan jika perlu, anda bisa memasang jaring jaring pada bagian slogan untuk menghindari masuknya sampah ke dalam selokan.

Evakuasi Barang

Meskipun banjir belum tentu akan datang atau tidak, namun tidak ada salahnya anda mengevakuasi barang barang yang mudah rusak seperti dokumen, barang elektronik dan lain sebagainya. Jika barang barang tersebut merupakan barang barang yang digunakan dalam keperluan sehari hari, anda dapat meletakan barang di tempat yang tinggi dan tidak terjangkau banjir setiap kali selesai digunakan.

Menghadapi Banjir

Setelah banjir datang, matikan semua arus listrik yang ada di rumah anda demi menghindari terjadinya hal hal yang dapat membahayakan dan pastikan bahwa anak anak tidak mandi di saat banjir karena banjir dapat meningkat dan surut di waktu yang tidak terduga.

Selalu hindari tiang listrik dan arus sungai saat banjir untuk menjaga keselamatan dari hal hal yang tidak terduga

Selalu gunakan peralatan kesehatan seperti masker, sarung tangan karet dan lain sebagainya untuk menjaga kesehatan di pasca banjir.

Setelah Banjir Usai

Jika banjir sudah usai anda dapat kembali ke rumah masing masing namun sebelum memutuskan untuk kembali ke dalam rumah, anda bisa mengecek situasi arus sungai apakah sudah benar benar surut dan kembali normal.

Pastikan tidak ada air yang menggenangi rumah sebelum anda memutuskan untuk menyalakan arus listrik.

Gunakan desinfektan dan peralatan keselamatan saat membersihkan rumah untuk selalu menjaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *