Siapa Bilang Freelancer Tak Bisa Ambil KPR? Ikuti 6 Tips Jitu Nya!

Freelancer merupakan pekerjaan yang memiliki penghasilan yang tidak stabil, kadang meroket dengan hasil yang banyak dan terkadang pula merosot dengan hasil yang mengecewakan. Hal tersebut membuat freelancer cukup kesulitan dalam mengajukan KPR atau kredit pemilik rumah.

Namun hal tersebut masih bisa disiasati dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Perlihatkan Rekam Jejak Pekerjaan Selama Ini

Saat anda hendak mengajukan KPR, pastikan bahwa anda mencantumkan daftar riwayat hidup terkait rekaman kerja anda selama ini. Semakin banyak client yang telah bekerja sama dengan anda maka pihak bank akan semakin yakin dengan anda. anda juga bisa mencantumkan slip transaksi anda dengan para client untuk lebih meyakinkan pihak bank atau penyedia jasa kredit pemilik rumah. 

  1. Pastikan Diri Anda Bersih dari Riwayat Kredit Bermasalah 

Pastikan bahwa selama ini anda bebas dari daftar riwayat kredit yang bermasalah karena jika anda pernah mengalami tunggakan atau masalah dengan kredit maka akan sulit anda mendapatkan peluang mengambil KPR.

  1. Sesuaikan Harga Rumah dengan Pendapatan Rata-Rata Anda

Pertimbangkan harga rumah yang akan anda ambil dan jadikan pendapatan rata rata sebagai patokan dalam mengajukan KPR. Jika anda mengajukan rumah dengan harga yang jauh dari pendapatan rata rata anda tentunya pihak bank terkait akan merasa ragu akan hal tersebut.

  1. Sediakan Uang Muka untuk Membeli Rumah 

Pastikan bahwa anda sudah mempersiapkan uang muka dalam membayar rumah keinginan anda. dengan menyediakan uang muka, pihak bank juga akan merasa yakin dengan kesungguhan anda akan hal tersebut.

  1. Pastikan Pendapatan Anda Melebihi Jumlah Cicilan

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah terkait KPR sebaiknya anda memastikan bahwa pendapatan anda jauh melebihi jumlah cicilan yang akan anda pilih saat mengajukan KPR. Jika pendapatan anda lebih banyak dari cicilan, tentunya anda juga bisa menabung sebagai uang cadangan yang dapat anda gunakan nantinya saat anda tidak sanggup membayar cicilan karena pendapatan merosot jauh.

  1. Jangan Ajukan KPR, Jika Kredit Lainnya Belum Lunas

Pastikan bahwa anda tidak memiliki kredit lainnya yang belum lunas, karena jika anda masih memiliki kredit lainnya dan menambah lagi dengan mengajukan KPR pastinya anda akan merasa kerepotan menangani hal tersebut, terutama saat pendapatan sedang merosot. Fokus pada satu tujuan saja jauh lebih baik, setelah tujuan tersebut telah tercapai maka barulah membentuk tujuan lainnya.

Itulah beberapa tips yang dapat anda terapkan saat anda hendak mengambil KPR agar prosesnya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *