10 Tips Agar Rumah Sejuk di Musim Kemarau

10 Tips Agar Rumah Sejuk di Musim Kemarau

Rumah merupakan tempat kita beristirahat yang paling nyaman. Tidak halnya jika rumah kita akan terasa panas jika tidak kita tata dengan baik dan benar. Di musim hujan sekarang ini tidak menjamin suhu atau udara  terasa dingin. Tetapi kenyataanya di musim hujanlah hawa panas makin meningkat.  Panas di musim hujan lebih panas dibanding hawa  di musim kemarau. Tetapi jika kita tidak  mengantisipasi udara panas d musim kemarau maupun di musim  hujan . makan kedua musim tersebut akan kita rasakan selalu panas . agar rumah sejuk di musim kemarau maupun musim hujan. Disini penulis akan memberikan 10 tips Agar Rumah sejuk di musim kemarau.

  1.       Memberikan tanaman di atap teras atau balkon

Dengan cara memberikan atau merawat tanaman di atas teras atap atau balkon , sangat mampu menurunkan panas suhu pada ruangan . tetapi kita harus memakai tanaman asli bukan  tiruan. Karena  tanak yang di pakai padai tanaman asli itulah yang akan menjadi  penyerap suhu panas pada sinar matahari.

  1.       Mengatur penggunaan alat elektronik

Selalu mematikan alat elektronik yang tidak terpakai atau tidak di gunakan contohnya  matikan lampu di pagi sampai sore hari, matikan komputer jika selesai digunakan dan juga televisi jika tidak ditonton.  Perangkat elektronik yang  hidup  akan menghasilkan panas .

  1.       Selalu membuka pintu

Biasanya kita selalu menutup pintu   kamar mandi, kamar tidur. Maka mulai sekarang setiap pagi  sampai sore selalu  membuka pintu kamar, dan kamar mandi agar sirkulasi udara selalu berganti. Dan jangan lupa juga jendela pada rumah selalu di buka di waktu pagi hingga sore hari.

  1.       Hemat dalam menggunakan air di musim panas

Kalau dirumah menggunakan tangki air, diusahakan  tidak mandi ,mencuci piring atau menyirami tanaman pada waktu siang hari  ini bisa mengakibatkan suhu pada ruangan bertambah panas dan gerah . dikarenakan  air yang mengalir dari tangki air telah mengandung uap air dan memberikan bentuk kelembaban di  ruangan rumah diakibatkan terpaparnya panas sinar matahari.

  1.       Membuat tanaman vertikal di  dinding vertical

Taman vertikal bisa berfungsi sebagai penyerap panas nya matahari. Dna jugajika kita membuat taman vertikal udara yang masuk ke dalam rumah akan sejuk.

  1.       Mengecat atap rumah dengan warna putih

Dengan mengecat atap rumah dengan warna putih itu bisa memantulkan panas matahari dan udara panas bisa berkurang. Dibanding dengan jika kita mengecat atap rumah dengan warna yang gelap yang bisa menyerap panas  dan suhu yang masuk ke dalam rumah akan  terasa panas dan gerah.

  1.       Menggunakan bahan tekstil yang memiliki warna yang terang atau putih

Warna putih merupakan warna yang bisa memantulkan cahaya   oleh karena itu, pakailah kelambu, seprei dan juga karpet  dengan berwarna putih supaya suhu pada ruangan tidak panas.

  1.       Pohon di depan jendela

Jika kalian memiliki jendela, taruhlah pohon kecil seperti pot tanaman  di depan jendela, itu bisa  membuat panas udara yang memasuki ruangan rumah tidak panas. Dan juga tanaman memiliki kemampuan melepaskan O2 yang di proses respirasi, yang membuat ruangan akan terasa lebih segar dan sejuk.

  1.       Ventilasi silang

Kalian bisa membuat ventilasi silang pada rumah kalian. Seperti pintu menghadap dengan jendela yang dindingnya berlawanan arah, ataupun sebaliknya. Buka pintu dan juga jendela di waktu pagi hari sekitar jam 5 sampai jam 7  sebelum matahari menyinari diatas jam 8 kalian batasi  pintu dan masuk jendela yang terbuka.

  1.   Pasang kerai bambu.

Kerai bambu. Merupakan bahan alami yang bisa mengalirkan udara yang masuk melalui sela-sela kerai yang akan membuat udara menjadi sejuk dan suhu pada ruangan lebih terasa aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *