7 Hal yang Perlu Diketahui Soal Rumah Tropis

7 Hal yang Perlu Diketahui Soal Rumah Tropis

Apakah Anda memiliki keinginan untuk membuat sebuah rumah, namun bingung dengan bagaimana konsepnya? Saat ini, ada sebuah konsep yang banyak digunakan dan digemari oleh beberapa orang, salah satunya adalah konsep rumah tropis.  Apa sih yang dimaksud dengan konsep rumah satu ini?

Bagi Anda yang masih merasa asing dengan konsep rumah ini, maka sebenarnya pandangan dasar dari rumah tropis adalah lebih disesuaikan dengan iklim tropis negara ini. Nah, sesuai dengan namanya, yakni “tropis”, maka karakteristik dari konsep rumahnya adalah dipenuhi dengan tanaman hijau. Bagi Anda yang masih bingung dengan konsep rumah tropis, berikut detail penjelasannya:

Daftar Beberapa Hal Tentang Rumah Tropis

  • Mempunyai Model Atap Pelana

Hal pertama yang mungkin perlu Anda ketahui tentang rumah tropis adalah rumah ini mempunyai atap dengan bentuk pelana. Nah, atap ini didominasi dengan sebuah teritis yang lebar, sehingga bisa dijadikan sebagai penahan air ketika hujan turun. Atap model pelana ini, bahkan memiliki kemiringan hingga 45 derajat.

  • Banyak Cahaya Alami

Desain rumah tropis ini lebih menekankan adanya sumber cahaya dan juga sirkulasi udara yang alami, sehingga lebih mengandalkan matahari dan udara-udara dari pepohonan di sekitar.

  • Ruang Umum Lebih Terbuka 

Rumah tropis mempunyai setting ruang umum yang dibiarkan terbuka, agar bisa menghasilkan sirkulasi udara yang bersilang.

  • Jendela dan Dinding Berukuran Besar

Nah, karakteristik lainnya dari rumah tropis adalah jendela dan dinding yang dimilikinya lebih besar dari ukuran rumah pada umumnya. Ini juga yang membedakan rumah tropis dengan rumah berkonsep lainnya. 

  • Menggunakan Dinding dengan Warna-warna Alami

Rumah tropis lebih ditekankan untuk memiliki dinding yang berwarna alami, seperti warna cokelat atau krem yang mempunyai corak sama dengan warna pada furniture kayu. Bisa juga menggunakan warna-warna hijau alami.

  • Material Alami

Penggunaan bahan alami adalah salah satu hal yang sangat dominan dalam rumah tropis. Beberapa bahan alami yang sering digunakan adalah kayu, batu alam, dan sebagainya.

  • Mempunyai Desain yang Simple

Namanya juga rumah tropis yang lebih menekankan kesan natural, jadi jangan heran jika beberapa desain rumahnya tidak terlalu banyak motif yang rumit. Semuanya dibuat lebih sederhana yang penting sesuai dengan fungsinya.

Bagi yang ingin sekali menggunakan konsep rumah tropis, maka Anda bisa menggunakan konsep ini untuk rencana rumah di masa depan. Meskipun konsepnya cukup sederhana, tapi rumah tropis sangat nyaman ditinggali, apalagi kalau desainnya bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *