8 Tips Wujudkan Impian Punya Rumah di Usia Muda

8 Tips Wujudkan Impian Punya Rumah di Usia Muda

Tidak sedikit orang yang ingin memiliki rumah di usia muda. Apabila Anda telah memiliki rumah sendiri, maka beban hidup akan berkurang satu. Hal tersebut dikarenakan rumah menjadi aset yang sangat mahal. Banyak orang berusia muda yang belum mampu membeli rumah karena banyak godaan untuk membeli benda lain. Perhatikan beberapa tips berikut jika Anda ingin segera memiliki rumah:

Hidup Hemat

Rumah mempunyai harga yang relatif mahal, sehingga Anda harus menghemat penghasilan yang Anda dapatkan. Ada berbagai cara untuk hidup hemat, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kurangi Nongkrong

Nongkrong bersama teman memang kegiatan yang sangat digemari oleh banyak orang muda. Akan tetapi, setiap kali menongkrong Anda akan mengeluarkan uang yang seharusnya bisa ditabung.

  • Tidak Banyak Berbelanja

Sebaiknya Anda tidak membelanjakan penghasilan Anda untuk barang-barang yang tidak terlalu penting.

  • Kurangi Nonton Konser/Bioskop

Menonton konser atau bioskop memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Membuat Target

Membuat target yang dimaksud disini ialah merencanakan dimana Anda akan membeli rumah dan berapa budgetnya. Dengan adanya target, Anda bisa mengestimasi dana yang dibutuhkan.

Menambah Persentase Tabungan

Tambahlah persentase tabungan Anda pada setiap bulannya. Hal tersebut bertujuan agar dana yang dibutuhkan untuk membeli rumah impian cepat tercapai.

Manfaatkan THR

Jangan menghamburkan uang tunjangan hari raya (THR). Manfaatkan THR yang Anda dapat untuk menambah tabungan. Dengan begitu, dana yang dibutuhkan akan semakin cepat terkumpul.

Bayarkan DP

Setelah uang tabungan cukup untuk membayar DP, maka segera bayarkan. Hal ini bertujuan agar uang tersebut tidak terpakai untuk berbagai kebutuhan di luar perkiraan.

Mencari Pekerjaan Tambahan

Jika Anda masih memiliki waktu luang, maka manfaatkan untuk mencari pekerjaan tambahan. Penghasilan dari pekerjaan tambahan tersebut dapat Anda masukkan ke dalam tabungan.

Tinggal Di Kos yang Murah

Sebaiknya Anda memiliki tempat tinggal sementara atau kos yang murah. Hal tersebut bertujuan agar tidak terlalu banyak pengeluaran.

Tinggal Dengan Keluarga

Apabila Anda tinggal bersama keluarga, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang biaya tempat tinggal. Dengan begitu, Anda bisa menabung lebih banyak lagi.

Rumah merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan seseorang. Memiliki rumah sendiri akan membuat Anda lebih nyaman, terutama jika Anda sudah berkeluarga. Oleh karena itu, siapkan sedini mungkin jika Anda ingin membeli rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *