Cara Merawat Interior Berbahan Granit

Cara Merawat Interior Berbahan Granit

Banyak orang yang tertarik menggunakan interior berbahan granit, salah satunya adalah meja dapur. Ada beberapa prosedur yang harus Anda terapkan untuk merawatnya. Anda penasaran? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.  

4 Cara Merawat Meja Dapur Berbahan Granit

  • Membersihkan Setiap Hari

Meja dapur yang terbuat dari granit dianjurkan untuk dibersihkan setiap hari. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel. Caranya Anda lap bagian permukaan menggunakan kain mikrofiber. Kain tersebut dicelupkan pada air sabun, lalu diperas dan digunakan untuk membersihkan meja. 

Anda juga bisa memakai campuran alkohol 91% dengan air. Apabila ingin membuat meja dapur beraroma wangi Anda bisa membuat larutan dengan mencampurkan 120 ml alkohol, 350 ml air hangat, 3 ml sabun cuci piring dan 20 tetes minyak atsiri. Minyak atsiri bisa diganti dengan kayu manis, jeruk, lavender, lemon atau papermin.

  • Menyemprotkan Cairan Disinfektan

Penyemprotan cairan disinfektan bertujuan untuk membunuh kuman yang ada di meja. Anda bisa melakukannya beberapa hari sekali. Cairan tersebut disemprotkan pada meja, lalu dibiarkan 3 sampai 5 menit. 

Selanjutnya, disinfektan dibersihkan menggunakan kain lap yang telah dicelupkan ke dalam air sabun. Lalu, meja dilap dengan kain kering. Anda tidak diperbolehkan menggunakan kain abrasif karena bisa membuat permukaannya rusak.  

Jenis cairan disinfektan yang dipakai tidak boleh sembarangan dan tidak mengandung pemutih. Banyak produk cairan pembersih khusus untuk granit yang dapat dijumpai di pasar seperti Granite Gold dan Mr. Muscle.  

  • Menggunakan Pembersih yang Tidak Mengandung Asam

Pembersih yang mengandung asam dapat merusak permukaan granit. Contohnya adalah amonia, cuka dan lemon. Solusinya adalah Anda gunakan jeruk atau minyak atsiri yang mempunyai pH netral.  

  • Memberikan Lapisan Pelindung

Lapisan pelindung khusus granit yang bisa Anda pakai adalah impregnator. Caranya adalah dengan menyemprotkan lapisan pelindung ke meja. Setelah lima belas menit, Anda seka meja agar bersih.  

Cara terbaik untuk merawat meja granit adalah dengan membersihkan secara rutin. Anda harus memperhatikan jenis pembersih yang digunakan dan mengikuti petunjuk pemakaian agar meja tersebut bisa awet dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *