Trik Sembunyikan Goresan Pada Lantai Kayu

Trik Sembunyikan Goresan Pada Lantai Kayu

Goresan yang tertoreh di lantai kayu dapat mengurangi nilai estetika. Goresan dapat muncul karena hewan peliharaan, memindahkan perabotan, ada batu kecil yang terbawa masuk ke dalam rumah dan lain-lain. Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut ini untuk menyembunyikan goresan tersebut.

5 Cara Menyembunyikan Goresan Pada Lantai Kayu

  • Mengoleskan Campuran Minyak Zaitun dan Cuka

Minyak zaitun dan cuka dapat melembabkan, mengangkat kotoran dan mengubah permukaan kayu menjadi terlihat bersinar. Caranya campuran kedua bahan tersebut dioleskan pada bagian lantai yang terdapat goresan. Lalu, Anda gosok menggunakan kain sampai goresan menipis.  

  • Menggunakan Spidol Kayu

Anda bersihkan permukaan lantai dengan kain lap yang lembut. Kain tersebut diberi spidol kayu hingga lembab. Anda pilih warna spidol yang serasi dengan warna lantai. Kain ditekan dengan lembut pada lantai. Selanjutnya, kain digosokkan pada goresan sesuai dengan alur kayu. Cara ini lebih efektif dibandingkan Anda mencoretkan spidol secara langsung. 

  • Mengoleskan Lapisan Pelindung

Area goresan Anda bersihkan menggunakan kain mikrofiber dan pembersih khusus lantai kayu. Anda lap dengan kain yang telah dibasahi air agar lantai bersih. Area tersebut dibiarkan sampai kering. Selanjutnya, Anda olesi dengan lapisan pelindung seperti sealant, lak atau vernis poliuretan jenis lainnya.  

  • Menggunakan Ampelas

Anda bersihkan debu dan kotoran pada goresan. Bagian yang ada goresannya digosok memakai ampelas hingga warnanya sama dengan kayu disekitarnya. Serbuk kayu yang dihasilkan Anda bersihkan. 

Lilin kayu Anda gosokkan pada spot yang tergores. Warna lilin dianjurkan bening atau menyesuaikan warna kayu. Anda biarkan selama 10 menit agar lilin kering dan memadat. Selanjutnya, area lantai yang terkena goresan di poles. 

  • Menambal Goresan

Goresan dapat Anda tambal dengan memberi plombir kayu, lalu dibiarkan selama satu hari agar mengering. Plombir yang berlebih Anda ambil dan dihaluskan dengan ampelas. Selanjutnya, gunakan kain yang lembab untuk membersihkan plombir diluar goresan. Bagian yang ditambal dilapisi dengan sealer.  

Goresan yang menghiasi lantai kayu dapat diatasi dengan menambahkan lapisan pelindung atau plombir dan lain-lain. Dengan demikian, lantai kembali utuh seolah-olah tidak pernah tergores dan rumah akan tampak lebih indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *