5 Langkah Mudah Bersihkan Oven

5 Langkah Mudah Bersihkan Oven

Penggunaan oven yang terlalu sering, tentu akan membuat oven menjadi kotor. Tidak hanya kerak bekas kue atau makanan saja yang akan tersisa, namun nantinya akan menjadi sarang dari kuman yang akan membahayakan kesehatan. 

Oleh karena itu, membersihkan oven adalah hal yang wajib dilakukan. Tapi hati-hati! Terkadang pembersihan oven yang salah akan membuat kerusakan kecil, bahkan bisa saja mengalami kerusakan total. Berikut ini adalah 5 langkah mudah membersihkan oven yang bisa Anda lakukan.

Cleaning the oven
  1. Bersihkan Rak Oven Secara Terpisah

Anda harus mengeluarkan semua rak yang ada di dalam oven. Jangan lupa pastikan tidak ada aliran listrik yang aktif untuk mencegah konslet. Bersihkan rak tersebut secara terpisah. Jangan melakukan pembersihan ketika rak masih terpasang di dalam oven. Cara membersihkannya, dengan air saja sudah cukup. Namun jika masih ada noda yang membandel, Anda bisa menggunakan kulit jeruk nipis. 

  1. Bersihkan Bagian Dalam Oven dengan Baking Soda

Gunakan campuran baking soda. Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan baking soda (sekitar 4 sendok) dengan satu gelas air saja. Setelah larutan baking soda siap, masukkan ke dalam botol spray, kemudian semprotkan pada bagian dalam oven hingga ke sudut-sudutnya yang berkerak. Diamkan selama satu jam, kemudian bersihkan dengan lap.

  1. Bersihkan Bagian yang Berkarat dengan Air Hangat dan Larutan Baking Soda

Larutan baking soda yang masih tersisa ketika selesai membersihkan kerak, ternyata bisa berguna dalam pembersihan karat yang menempel pada bagian dalam oven. Caranya juga mudah, hanya engan menyemprot larutan baking soda dengan air hangat saja. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan dengan lap basah.

  1. Gunakan Perasan Lemon untuk Menghilangkan Kerak dan Karat

Tidak hanya baking soda saja, Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon untuk membersihkan kerak dan karat yang membandel. Peras lemon dalam semangkuk air, kemudian masukan ke dalam oven untuk dipanaskan selama kurang lebih 5 menit. Uap dari air lemon akan membantu pembersihan karat dan kerak.

  1. Jangan Lupa Membersihkan Bagian Luar Oven

Jika bagian dalam sudah bersih, jangan lupa untuk membersihkan bagian luar dari oven tersebut. Gunakan sabun pembersih kaca atau sabun pencuci piring. Gunakan juga spons dan lap yang sudah dicelupkan pada air hangat.

Setelah melakukan tahap pembersihan yang telah disampaikan di atas, jangan lupa untuk mengeringkan oven dengan mengelapnya dengan lap yang kering. Jangan lupa pasangkan kembali bagian-bagian yang dikeluarkan menjadi seperti semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *