Ingin Punya Rumah Pribadi Setelah Menikah, Ikuti Tips Berikut!

Ingin Punya Rumah Pribadi Setelah Menikah, Ikuti Tips Berikut!

Pernikahan adalah sebuah jenjang yang mengantarkan seseorang menuju kehidupan yang sesungguhnya. Setelah menikah, rasanya sangat berat dan tidak mengenakkan jika harus selalu menumpang tinggal di rumah orang tua. Dengan adanya perasaan seperti itu, sering kali pasangan yang baru menikah ingin segera memiliki rumah pribadi.

Namun keinginan tersebut haruslah direncanakan dengan matang agar tidak menjadi masalah dan beban. Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin memiliki rumah setelah menikah.

Tips Punya Rumah Pribadi Pasca Pernikahan

 

  • Sesuaikan dengan Pendapatan

 

Membeli rumah berarti Anda harus menyiapkan dana yang cukup. Untuk itu, sesuaikan tipe rumah dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Jika Anda mengambil KPR, pastikan Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk mencicil rumah di samping kebutuhan rumah tangga yang akan Anda tanggung.

 

  • Menabung Sejak Dini

 

Ada baiknya jika Anda mempersiapkan sejak dini untuk memiliki rumah setelah menikah nanti, salah satunya dengan cara menabung sejak jauh-jauh hari. Resepsi dan akad memang perlu biaya, namun Anda jangan hanya terpaku dengan itu. Siapkan biaya untuk kehidupan Anda ke depan setelah menikah.

 

  • Ikut Investasi

 

Selain menabung, investasi juga bisa dijadikan jalan untuk mendapatkan biaya membeli rumah. Ikutlah program investasi yang kemanannya terjamin, aman, serta mudah seperti reksadana atau membeli emas.

 

  • Mengambil KPR

 

Jika uang yang Anda miliki hanya cukup untuk uang muka membeli rumah, sebaiknya Anda mengambil sistem KPR. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan rumah sembari mengumpulkan biaya untuk melunasi cicilan KPR.

Namun perlu Anda ingat, pastikan penghasilan Anda cukup untuk melunasi cicilan KPR agar tidak memberatkan.

 

  • Cari Informasi Rumah

 

Mencari informasi mengenai kriteria rumah yang akan Anda beli sangat penting. Dengan begitu selain rumah yang dibeli cocok dengan kondisi finansial, rumah juga memenuhi kriteria aman dan nyaman. 

Jangan sampai karena terpaku dengan harga yang murah Anda justru mendapatkan rumah yang memiliki sistem keamanan dan kenyamanan yang buruk. Lakukan survei untuk dijadikan pedoman dalam membeli rumah nantinya.

Agar lebih mudah mendapatkan rumah saat sudah menikah, pastikan Anda sudah bekerja. Jangan sampai Anda menikah dengan hanya bermodal cinta saja, karena kehidupan pernikahan bukan hanya soal cinta, tapi tanggung jawab dan pemenuhan kebutuhan juga harus diperhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *