8 Cara Aman Berinvestasi Properti

8 Cara Aman Berinvestasi Properti

Setiap instrumen investasi yang dipilih selalu ada risiko yang menyertainya. Saham misalnya, jenis instrumen investasi ini memiliki peluang keuntungan yang tinggi, tetapi risiko kerugiannya juga tinggi. Berbeda dengan investasi properti yang cenderung lebih aman karena nilai asetnya yang cenderung bertambah. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara aman berinvestasi di bidang properti. 

8 Cara Aman Berinvestasi Properti

Meskipun investasi properti memiliki risiko yang relatif rendah, Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Perlu menerapkan manajemen risiko agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara aman yang bisa Anda terapkan saat memutuskan untuk berinvestasi properti:

 

  • Fokus Pada Satu Jenis Properti

 

Investasi properti memiliki beragam jenis. Beberapa di antaranya adalah properti hunian seperti rumah dan apartemen, properti kantor (coworking space) dan juga properti wisata (villa dan penginapan). 

 

  • Tentukan Jangka Waktu

 

Menentukan jangka waktu investasi sangat penting agar tujuan investasi tersebut dapat tercapai. Jika Anda memiliki seorang anak yang mulai sekolah 6 tahun ke depan, Anda bisa memilih properti yang bisa memberikan hasil dalam jangka waktu tersebut.

 

  • Mulai dari Hal Kecil

 

Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu, seperti membuat tempat kos. Jika sudah menghasilkan dan mulai berjalan stabil, Anda bisa mulai ke level yang lebih tinggi.

  • Hemat Pembayaran Pajak

 

Satu hal yang juga perlu diperhatikan bahwa properti merupakan salah satu objek yang dikenai pajak. Maka dari itu, Anda perlu melakukan perhitungan yang matang terkait hal ini dengan berkonsultasi pada orang-orang yang berpengalaman.

 

  • Buat Strategi Investasi

 

Strategi yang tepat dalam dunia properti sangat tepat. Anda harus bisa menentukan kapan properti berupa hunian sedang banyak dicari, kapan sebuah penginapan banyak dibutuhkan, dll.

 

  • Menawar Harga

 

Kemampuan menilai suatu bangunan dapat membuat Anda memiliki kemampuan tawar yang baik, selain itu cobalah untuk mengenal penjual lebih dalam. Jika ada kekurangan pada properti yang dijual, Anda bisa memintanya untuk mengurangi harga.

 

  • Modal Investasi

 

Jika Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman KPR, pastikan jumlah yang diambil sesuai dengan kemampuan Anda membayar.

 

  • Beli Murah dan Renovasi

 

Banyak pelaku di bidang properti yang menerapkan cara ini. Jika Anda jeli dalam memilih properti yang baik, sedikit renovasi bisa membuat harganya naik.

Beberapa cara aman berinvestasi properti di atas bisa Anda terapkan saat memutuskan terjun di bidang properti. Perlu diketahui bahwa properti berbeda dengan saham yang lebih likuid. Maka dari itu, Anda perlu menunggu beberapa waktu untuk mencairkan hasil investasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *