Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Renang

Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Renang

Pelapis anti bocor terdiri atas beberapa macam yang dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatanya. Waterproofing atau pelapis anti bocor berbahan semen cocok digunakan sebagai pelapis anti bocor untuk daerah yang terendam air.

Waterproofing tersebut tidak bisa langsung digunakan karena harus dicampur terlebih dahulu sebelum digunakan dan tidak memiliki warna. Berikut ini akan diulas lebih dalam mengenai jenis pelapis anti bocor yang digunakan untuk kolam renang. 

Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Renang

  • Aquaguard

Aquaguard merupakan salah satu jenis pelapis anti bocor yang memiliki bahan dasar berupa semen. Aquaguard ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada daerah yang tergenang air. Contohnya adalah kamar mandi, kolam renang, penampungan air bersih dan lain-lain. 

Hal ini dikarenakan aquaguard dapat berfungsi sebagai pelindung bangunan dari kebocoran air yang disebabkan oleh hujan, semprotan air dan aliran air. Selain itu, juga bisa melindungi bangunan dari rembesan atau kapilaritas air tanah, melindungi penampung air agar tidak bocor dan mencegah masuknya air yang menyebabkan korosi pada beton. 

Aquaguard terdiri atas dua komponen, yaitu komponen bubuk dan komponen cairan. Komponen bubuk memiliki bahan dasar berupa campuran semen dan komponen cairan memiliki bahan dasar berupa emulsi polimer sintetis. 

  • Pelapis anti bocor dengan sistem coating

Pelapis ini berfungsi sebagai tambahan agar meminimalisir kebocoran. Hal ini dikarenakan pelapisan anti bocor dengan sistem coating tidak bisa menahan tekanan yang timbul dari air di kolam renang. Selain itu, hanya untuk melapisi beton kolam renang saja. 

Caranya Anda basahi beton lalu di lap menggunakan spons. Selain itu, Anda juga dapat menyemprot  beton dengan kompresor sehingga menjadi lebih bersih. Selanjutnya, dilapisi menggunaka pelapis anti bocor. Anda lakukan sebanyak dua kali. Setelah kering, lapisan tersebut dibasahi. 

Selanjutnya, lapisan tersebut diolesi semen lalu Anda screeding. Screeding dilakukan menggunakan kombinasi  semen dengan pasir halus. Langkah selanjutnya adalah Anda lakukan pemlesteran. 

Pelapis anti bocor di atas dapat Anda terapkan pada kolam renang. Masing-masing memiliki kelebihan dan bagus untuk mencegah adanya kebocoran pada kolam renang yang ada di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *