Cara Memilih Plafon untuk Tipe Rumah di Indonesia

Cara Memilih Plafon untuk Tipe Rumah di Indonesia

Saat memilih plafon untuk rumah, Anda harus memperhatikan beberapa hal karena iklim di Indonesia yang lembab. Anda harus mempertimbangkan jenis bahan, warna, ketinggian plafon dan lain-lain.  Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih plafon, yuk simak informasi berikut ini. 

Cara Memilih Plafon 

  • Bentuk plafon 

Saat memilih bentuk dari plafon Anda dianjurkan untuk memperhatikan cara pasangnya apakah mudah atau sulit. Apabila bentuk plafonnya rumit, maka bentuk rangkanya pun semakin rumit. Tentunya biayanya semakin mahal. Selain itu, perhatikan juga cara perawatannya. 

  • Memilih warna

Warna pada plafon akan berpengaruh terhadap suasana ruangan di rumah Anda. Apabila plafon tidak begitu tinggi, Anda dapat mengaplikasikan warna-warna terang. Hal ini bertujuan agar ruangan tampak luas. 

Anda tidak melulu harus memilih warna putih, namun Anda bisa menggunakan warna-warna netral. Anda juga bisa memilih warna sesuai dengan warna dinding rumah. Apabila plafon tinggi, maka Anda dapat mengaplikasikan plafon berwarna gelap.  

  • Mengenal jenis-jenis plafon

Jenis-jenis plafon yang seirng digunakan untuk tipe rumah di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tripleks

Orang Indonesia sudah lama menggunakan tripleks sebagai bahan untuk plafon rumah. Kelebihan jenis plafon ini adalah mudah untuk dipasang, cara mendapatkannya mudah dan harganya lebih murah. Namun, jenis ini memiliki kekurangan, Anda harus mengecat terlebih dahulu agar plafon tampak rapi.  

  • Gipsum

Gipsum merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat plafon. Hal ini dikarenakan dibandingkan tripleks kualitas plafon jenis ini lebih bagus, yaitu gampang diperbaiki apabila dijumpai adanya cacat dan tahan api. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan dekorasi dilengkapi berbagai aksesoris. 

  • GRC

Plafon jenis ini memiliki sifat tahan air dan tahan api. Selain itu, lebih kuat dibandingkan plafon tripleks dan gipsum. Anda dapat memasang plafon jenis ini pada kamar mandi maupun dapur. 

Informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk memilih plafon yang bagus untuk rumah Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran. Selain itu, pemilihan warna yang bagus dapat mempercantik ruangan di rumah Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *