Tips & Cara Lengkap Menanam Rumput Jepang

Tips & Cara Lengkap Menanam Rumput Jepang

Tips & Cara Lengkap Menanam Rumput Jepang. Pekarangan yang indah di rumah sangatlah dambaan  bagi setiap orang.  Dan salah satu untuk mempercantik dan memperindah pekarangan atau halaman adalah dengan menanam rumput, rumput memiliki jenis yang banyak dipakai  untuk dimanfaatkan sebagai tanaman hias , mempercantik  taman,  salah satu rumput yang sering digunakan adalah rumput jepang.

Mempunyai taman yang indah dirumah sendiri adalah sebuah impian yang dimana sebagian orang supaya rumah terlihat lebih nyaman dan asri. Dengan menanam berbagai jenis tanaman hias, taman dirumah dapat terlihat dengan indah dalam sekejap.

Nama rumput jepang tidak sesuai dengan namanya, karena rumput ini sebenarnya bukanlah berasal dari jepang. Nama rumput jepang digunakan karena  orang indonesia terbiasa memberi nama dengan dasar sesuatu yang mudah diingat.

Tips & cara Lengkap Menanam Rumput Jepang:

  1.       Mempersiapkan Lahan

Untuk menanam rumput jepang , langkah pertama adalah kalian perlu mempersiapkan Lahan.  Dalam mempersiapkan lahan  tujuannya supaya  bisa meningkatkan percepatan dalam penumbuhan rumput jepang yang  akan kalian tanam. Cara mempersiapkan lahan sebagai berikut:

          Gemburkan tanah dengan kedalaman 15-20 cm, setelah digemburkan tanah diatur supaya menjadi rata. Bersihkan media tanam , lalu bersihkan media tanam dari sisa-sisa batu atau tanaman liar.

  1.       Mempersiapkan Pembibitan

Langkah kedua ini , kalian perlu memilih bibit yang terbaik dan berkualitas.  Berikut cara pemilihan cara tanam bibit rumput jepang sebagai berikut:

          Dalam pemilihan rumput jepang  mempunyai warna yang hijau segar. untuk tekstur rumput jepang  yang dimiliki keras. Setelah itu  bibit siap untuk ditanam. Kalian bisa pastikan supaya tanaman tidak tercabut di saat dipisahkan .

  1.       Cara Menanam Rumput jepang

Sebelum menanam bibit yang sudah dipisahkan , lakukan penyiraman  dahulu  dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel.  Dalam menanam rumput jepang yang terbaik adalah disaat sore menjelang malam, kalau menanam di pagi hari bibit rumput jepang bisa terbakar sinar matahari.

Membuat lubang tanam untuk rumput jepang  berikan jarak 10 x 10 cm, setelah itu barulah mulai menanam bibit rumput jepang  ke dalam lubang  lalu tutup dan rata kan kembali tanah.  Siramlah dengan air yang cukup . untuk cara penyiramannya dengan menggunakan gembor atau selang. Kalian harus menyiram rumput jepang ini dengan teratur ketika di awal penanaman.

CARA MERAWAT RUMPUT JEPANG

Setelah mengetahui cara menanam Rumput jepang, kalian perlu juga mengetahui cara merawat rumput jepang. Dalam perawatan atau pemeliharaan ini lah yang paling penting. Berikut caranya:

          Penyiangan . mencabut rumput liar atau gulma yang tumbuh liar di area penanaman . tujuannya supaya rumput jepang bisa tumbuh merata.

          Penyiraman.   Diawali tahapan penanaman diperlukan penyiraman yang seintensif mungkin , karena bisa membantu mempercepat penumbuhan akar.  Dimana akar yang tumbuh supaya bisa mencengkeram tanah dengan baik.

          Pemangkasan.  Bisa dilakukan saat tanaman sudah berusia 3 bulan  dari awal menanam.  Supaya akar tanaman dapat selalu terkena matahari . dan warna dari daun tanaman tetap hijau. Kalau kalian tidak melakukan pemangkasan , maka tanaman rumput jepang akan terlihat lebih kuning dan akan berubah warna menjadi coklat yang nantinya akan bisa mengalami kematian.  Untuk pemangkasan ini harus dilakukan dengan rutin , supaya rumput jepang tetap hijau muda, dan tetap tumbuh hidup tidak mati.

Demikian Tips & Cara Menanam Rumput Jepang  semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *