Mati Lampu Bergilir! 5 Alat Ini Wajib Tersedia di Rumah

Pemadaman bergilir sering dilakukan untuk mengatur penggunaan listrik di suatu daerah. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya Anda dapat menyiapkan beberapa peralatan agar aktivitas Anda tetap berjalan meskipun listrik padam. Anda penasaran apa saja alat-alat tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini. 

5 Alat yang Wajib Ada di Rumah Saat Mati Listrik

  • Lampu darurat

Anda dapat memanfaatkan lampu darurat sebagai sumber penerangan di malam hari saat listrik padam. Kelebihan lampu darurat adalah bentuknya beragam, lebih aman dan praktis tidak seperti lilin yang dapat menyebabkan resiko kebakaran apabila jatuh.

Hal ini dikarenakan lampu darurat menggunakan sumber tenaga dari baterai. Dengan demikian, Anda dapat menchas lampu tersebut hingga penuh untuk cadangan ketika listrik padam. Lampu tersebut bisa menyala selama 4 hingga 10 jam tergantung daya masing-masing lampu. 

  • Kipas portabel

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan AC maupun kipas angin di rumah maka kipas portabel menjadi solusi terbaik di saat listrik padam. Kipas tersebut dapat diisi ulang dayanya, selain itu bisa dibawa kemana pun asal dayanya penuh. Adanya alat ini membuat Anda tidak kepanasan sehingga bisa tidur nyenyak meski listrik padam. 

  • Pengisi daya

Salah satu jenis pengisi daya yang populer saat ini adalah power bank. Alat tersebut menjadi salah satu sumber daya listrik alternatif yang bisa dipakai untuk menchas handphone. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengisi penuh power bank agar handphone Anda bisa menyala meski listrik mati. 

  • Senter

Senter juga dapat digunakan sebagai alat penerangan saat listrik padam. Keberadaannya sangat bermanfaat dan praktis digunakan karena bentuknya kecil. Apalagi kini telah tersedia senter elektrik sehingga Anda dapat menchas penuh sebelum listrik padam. 

  • Aki mobil dan genset

Apabila terjadi pemadaman listrik dalam waktu lama maka aki mobil dan genset dapat menjadi solusi terbaik sebagai sumber energi listrik cadangan sehingga Anda tetap dapat menjalankan aktivitas. 

Alat-alat di atas dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk digunakan saat mati lampu. Keberadaan kelima alat tersebut sangat manfaat untuk menunjang aktivitas Anda. Dengan demikian, Anda tetap dapat beraktivitas meskipun listrik padam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *