Jenis Atap Rumah Paling Tepat untuk Hunian

Jenis Atap Rumah Paling Tepat untuk Hunian

Atap rumah memang menjadi bagian penting dari sebuah hunian. Pasalnya atap rumah menjadi pelindung penghuni rumah dari sengatan matahari dan juga hujan. Bukan hanya itu, atap rumah juga menjadi bagian yang memberi gaya dan juga seni sendiri untuk bangunan tersebut. Untuk menampilkan rumah yang bagus, Anda harus mengenali jenis atap rumah terlebih dahulu.

Jenis Atap Rumah Yang Paling Tepat Untuk Hunianmu

Ada banyak jenis atap rumah di dunia. Sebelum memilihnya, Anda bisa menyesuaikannya dengan cuaca hingga desain rumah yang akan ditampilan. Berikut contoh jenis atap rumah terbaik dan paling tepat untuk hunianmu:

1. Gable roof
Jenis atap rumah ini mungkin tidak terlalu asing untukmu karena dilengkapi dengan anti lumut dan juga genteng dari tanah liat. Fungsi atap rumah ini agar saat turun hujan airnya tidak terlalu lama mengendap di atap rumah. Karena hal tersebut akan menyebabkan rembes. Biasanya atap rumah ini banyak ditemui di daerah tropis.

2. Flat roof
Jenis atap rumah ini banyak dijumpai di perkotaan dengan gaya arsitektur yang minimalis. Rumah dengan atap ini juga banyak dijumpai di rumah dengan ketinggian dua meter lebih. Jenis atap rumah ini bukan menggunakan genteng namun pakai atap beton. Meskipun tergolong mudah dan juga murah untuk pembangunan, atap model ini membutuhkan perawatan intensif yang benar-benar bagus.

3. Hip roof
Jenis atap ini mungkin jarang ditemui di Indonesia. Pasalnya fungsi atap rumah ini adalah untuk menghalangi angin dan juga salju. Pada sisi bagian ujung atap ada bagian menjorok kebawah supaya salju tidak menetap di atap rumah. Dengan desain ini, angin berhembus dibagian sekeliling atap sehingga kekuatan angin bisa terpesan

Setiap daerah atau wilayah di dunia biasanya mempunyai jenis atap rumah berbeda karena disesuaikan dengan iklim atau cuaca. Dilihat dari jenis atap tersebut, mana yang menjadi favoritmu? Saat ingin membangun rumah atau renovasi rumah, pastikan material bangunan dan juga perlengkapan rumah tangganya juga lengkap. Supaya rumah bisa ditempati dengan baik nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *