Tips Mengajak Orang Tua Pindah ke Tempat yang Baru

Tips Mengajak Orang Tua Pindah ke Tempat yang Baru

Tips Mengajak Orang Tua Pindah ke Tempat yang Baru.  Manusia  Semakin usianya bertambah. maka semakin jelas terlihat  perubahan tubuh seseorang yang sudah lansia jika kita bandingkan ketika ia masih berumur dua puluhan  . secara  Umum  seorang yang sudah lansia memerlukan bantuan di setiap kegiatan yang akan  dilakukan. Tetapi , di dalam kondisi  seperti ini  akan  menjadi semakin sulit untuk membantu kegiatan orang tua  yang sudah lansia kalau  kalian dan orang tua tinggalnya  berjauhan. Kalau  sudah  seperti ini, jalan keluar yang  otomatis akan terlintas di pikiran adalah mengajak orang tua untuk ikut  pindah, walaupun  hal ini tidak  mudah.

Berikut ini langkah yang baik untuk membujuk orang tua  ikut pindah ke tempat yang abru

  1.       Berdiskusi dengan orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menyampaikan kepada orang tua . tetapi , kalian jangan menyampaikannya  seperti terkesan orang tua tidak memiliki pilihan lain sebab untuk cara ini bisa membuat kalian seperti membuat keputusan dengan sepihak.

Kalian  bisa menjelaskan kepada orang tua  dengan berbagai alasan  dan kalian merasa ingin mengajak mereka baik untuk ikut tinggal bersama atau tinggal di panti jompo khusus lansia yang dengan  pengawasan yang profesional.  Kalian dapat menyebutkan kalau kalian bisa memenuhi kebutuhan yang sekiranya  akan mempermudah hidup mereka.

  1.       Memberikan waktu untuk percobaan  sementara waktu

Jika kalian menginginkan orang tua untuk ikut tinggal bersama . kalian bisa memberikan jeda waktu sekiranya seminggu di rumah  yang nantinya bisa membantu mereka  dalam membuat keputusan  untuk bersedia untuk ikut pindah dari rumah yang lama.

Beda cerianya  kalau kalian mengambil keputusan untuk menempatkan orang tua  ke wisma atau panti wreda. Kalian dapat mengajak mereka untuk ikut  mengunjungi  tempat-tempat lembaga terdekat dan kalian bisa meminta petugas untuk berkeliling. Kalian bisa menanyakan fasilitas apa saja yang tersedia, dan kalian perlu mengetahui jadwal kegiatan dan juga pola makan harian lansia.

  1.       Menempatkan furniture dari rumah orang tua ke tempat yang baru

Orang tua tentunya memiliki benda –benda atau furniture yang mereka sayangi atau yang terdapat kenangan yang berharga dari benda tersebut. Maka benda atau furniture tersebut bisa kalian  pindahkan ke tempat yang baru . hal seperti ini bisa membantu  untuk orang tua merasa lebih nyaman di tempat  atau rumah yang baru . cara ini bertujuan untuk membuat orang tua  merasa nyaman dan kerasan lebih cepat. Dan bisa mengurangi  rindu  akan rumah yang lama.

Cara ini kemungkinan besar bisa membuat orang tua  akan mau ikut  pindah kerumah kalian yang baru  , tetapi kalian bisa juga menggunakan cara ini jika  orang tua lebih memilih tinggal di wisma .

  1.       Menanyakan dengan orang sekitar

Seperti kalian sedang menemani anak ketika mau ke sekolah, orang tua juga memerlukan teman supaya tidak merasa melewati fase  sendirian. Kalian bisa menanyakan kepada orang sekitar. Apakah ada diantara mereka yang sudah  tidak tinggal sendiri dirumah lama.

Kalau salah satu sudah mendapatkan perawatan dari tenaga professional, kalian dapat menanyakan informasi lebih lanjut tentang lembaga atau komunitas tempatnya bergabung.  Dan orang tua kemungkinan besar akan merasakan jauh lebih tertarik kalau ada orang yang sudah ia kenal di dalam lingkungan tersebut.

Merayu orang tua untuk pindah memang bukan perkara mudah. Pindah ke rumah yang baru  merupakan sebuah keputusan yang besar dimana mereka akan melepaskan nostalgia  yang ada dirumah lama dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *