Waspada! Ini 6 Penyebab Lantai Rumah Rembes Air

Waspada! Ini 6 Penyebab Lantai Rumah Rembes Air

Waspada! Ini 6 Penyebab Lantai Rumah Rembes Air. Tidak jarang orang mengetahui kalau lantai rumah dapat mengalami rembesan air. Dan penyebabnya pun berbagai macam tergantung seperti apa rembesan pada lantai.  Kebanyakan orang mengetahui kalau  kebocoran terjadi pada atap dan dinding rumah saja. tetapi kenyataannya  lantai rumah pun  bisa terjadi kebocoran.

Kebocoran atau rembesan pada lantai rumah tidak hanya terjadi pada musim hujan saja tetapi ketika  dalam kondisi yang normal pun atau tidak musim hujan lantai rumah bisa dengan tiba-tiba mengalami kebocoran atau rembes air.

Ketika munculnya air yang keluar pada celah nat keramik atau pori-pori lantai itu menandakan lantai rumah bocor.  Pada umumnya penyebab kebocoran lantai rumah itu bermacam-macam, salah satunya kondisi tanah atau kesalahan dalam proses pengerjaan lantai rumah.

Berikut ini ada beberapa penyebab kebocoran  pada lantai rumah yang umumnya terjadi

  1.       PIPA BOCOR

Ketika awal membangun rumah. Umumnya pipa akan di desain dengan di sembunyikan di dalam tana ataupun di dinding rumah supaya rumah memiliki tampilan yang rapi. Selain dengan kerapian penyimpanan pipa air di sembunyikan di dalam dinding atau tembok  tujuannya  supaya terhindar dari gangguan yang bisa membuat pipa menjadi rusak. Tetapi , kalau pipa yang berada di dalam tanah mengalami kerusakan . maka dapat membuat lantai rumah menjadi rembes air. Pipa yang ditanam dibawah tanah sering sekali mengalami kerusakan yang disebabkan banyaknya tekanan sehingga pipa air juga dapat menjadi salah satu penyebab lantai rumah mengalami kebocoran.

  1.       JARAK PERMUKAAN AIR TANAH YANG DANGKAL

Penyebab kebocoran pada lantai rumah yang lainnya yaitu tingginya permukaan air tanah. Terlalu dekat jarak permukaan lantai keramik dengan air didalam tanah membuat naiknya air tanah melalui pori-pori dan tembus sampai permukaan lantai yang membuat lantai pada rumah mengalami kebocoran.

  1.       TANAH YANG TERBUKA

Penyebab kebocoran pada lantai yaitu kondisi pada sekitar rumah yang terdapat sebuah kebun atau ladang yang menjadi kemungkinan besar lantai akan mengalami kebocoran.  Kebun atau ladang tersebut diibaratkan contoh dari tanah yang terbuka yang memiliki potensi menjadi penyebab kebocoran pada lantai rumah bocor.

  1.       NAT KERAMIK YANG BOCOR

Kondisi nat pada keramik yang sudah semakin lama menjadikan kebocoran pada lantai rumah , karena tidak dapat menahan tekanan banyaknya air . yang menjadikan air naik ke atas permukaan lantai.

 

 

  1.       PROSES PEMASANGAN KERAMIK YANG SALAH

Ketika proses pemasangan keramik yang salah atau asal asalan dapat mengakibatkan lantai rembes air. Keramik yang tanpa plester atau tanpa memakai pelapis anti bocor (waterproofing) Ketika proses pemasangannya akan mudah mengalami kebocoran. Oleh karena itu disarankan ketika pemasangan keramik carilah tukang yang profesional supaya hasil pemasangannya lebih maksimal.

  1.       DAYA SERAP YANG TINGGI PADA TANAH

Tanah yang mempunyai daya serap yang begitu tinggi bisa menjadikan lantai pada rumah mengalami rembes air. Daya serap yang tinggi pada tanah dapat membuat lantai menjadi bocor karena begitu tingginya daya serap .

Memiliki lantai rumah yang mengalami kebocoran adalah salah satu permasalahan yang sangat tidak diinginkan dan sering kali dijumpai. Dari beberapa penyebab lantai rumah yang bocor yang dijelaskan diatas , kemungkinan kalian sedang mengalaminya juga. Oleh karena itu perlu memperhatikan lantai rumah  sebelum membangun rumah . tanyakan pada ahlinya supaya hasilnya lebih maksimal.

Demikian ulasan Waspada ini 6 penyebab lantai rumah rembes air . semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *