3 Cara Menanam Bambu Air, Karakteristik, dan Tipsnya

3 Cara Menanam Bambu Air, Karakteristik, dan Tipsnya

3 Cara Menanam Bambu Air, Karakteristik, dan Tipsnya. Bamboo air adalah tanaman hias yang memiliki ukuran kecil  dan sangat mudah untuk ditanam.  Dengan bentuk yang menarik , tanaman bambu air ini banyak yang mempercayai kalau menanam bambu air dan merawatnya dengan baik   maka nantinya akan mendapatkan keberuntungan .

Tanaman Bambu air mempunyai beberapa karakteristik yang khusus  yang mana jika kalian melihatnya begitu mirip dengan batang bambu pada umumnya. Berikut karakteristik bambu air:

          Batang bambu air memiliki bentuk yang bulat dan juga memanjang dengan ruas persis seperti bamboo.

          Bambu air memiliki tinggi maksimal hanya sampai 3 meter saja.

          Dari segi warna , bamboo air memiliki warna yang hijau  cerah dibanding dengan warna asli pohon bambu

          Bambu air memiliki rongga pada bagian dalam batangnya

          Bambu air diameter bamboo nya  hanya sekitar 2 cm

Bambu air memiliki tampilan yang sangat menarik ,tidak  menyalahkan kalau masyarakat menanam bambu air dan di pasang di halaman rumahnya untuk menjadi tanaman hias

CARA MENANAM BAMBU AIR

  1.       Menanam Bambu  Air Dengan Media stek

Dalam menanam atau membudidayakan tanaman hias jenis bambu air ini  tidaklah begitu sulit  kalian Cuma memerlukan teknik stek yang benar jika ingin membudidayakan tanaman hias ini. Carilah bibit bambu air yang berkualitas dengan cara memotong dengan runcing pada bagian atas dari tanaman bambu air yang sudah berumur lebih satu tahun., setelah itu  siapkan pot atau wadah untuk menanam , masukkan tanah berlumpur yang sudah diisi air.  Kemudian tancapkan bibit bambu air pastikan bamboo terendam air minimal 3 cm dan jarak antar tanaman minimal 2 cm.

  1.       Menanam Bambu  Air Dengan Media Tanah

Cara yang yang kedua ini adalah cara proses pembesaran yang akan menggunakan media tanah. Kalian siapkan tanah subur, menyiapkan pot, setelah siap. Kalian masukkan tanah subur dalam pot isi sampai mengisi setengah dari kedalaman pot. Baru kalian ambil bambu air yang sudah kalian stek , lalu kalian masukkan ke dalam pot berisi tanah  subur.  Kalian pastikan jangan sampai ada akar bambu yang tertinggal  penuhi wadah dengan tanah subur . kalau sudah kalaina tinggal melanjutkan perawatan  secara rutin.

  1.       Menanam Bambu  Air Dengan Media air

Menanam bamboo juga bisa ditanam dengan media selain tanah adalah air. Caranya siapkan wadah untuk tanaman hias, batu kerikil sebagai pengganti tanah, bambu air yang sudah melalui proses stek

 Setelah siap semuanya kalian tinggal memasukkan kerikil kecil setengah dari wadah yang sudah disiapkan  lalu bersihkan akar bambu dari sisa tanah .lalu masukkan kedalam wadah yang sudah terisi kerikil, setelah itu masukkan kembali kerikil  hingga penuh.langkah terakhir  tambahkan air yang berisi vitamin tambahan ke dalam wadah supaya air  supaya tanaman bambu air kalian tumbuh sehat.

TIPS MERAWAT BAMBU AIR

          Disaat memotong bambu untuk stek pastikan panjang tanaman tidak lebih dari 30 cm

          Jangan pernah menyiram tanaman yang ditanam dengan media tanah. Cukup menyemprotkan saja secara rutin setiap harinya.

          Berhati-hati mengganti air disaat memakai media tanam air

          Mengikat Kumpulan  batang bambu air supaya tanaman tetap berdiri dengan tegak disaat tumbuh memanjang.

Demikian beberapa pembahasan singkat mengenai bambu air, karakteristik, cara menanam, dan juga tips merawat nya . kalian pastikan bambu air yang kalian tanam mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan subur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *