Hubungan Pemanfaatan Bambu sebagai Bahan Konstruksi

Hubungan Pemanfaatan Bambu sebagai Bahan Konstruksi

Hubungan Pemanfaatan Bambu sebagai Bahan Konstruksi. Bambu Adalah material lokal yang tersedia hampir di setiap lokasi di Indonesia. Sebagai salah satu negara  tropis di dunia, Indonesia mempunyai sumber daya bambu yang begitu cukup potensial. Selama ratusan tahun bamboo juga telah dimanfaatkan sebagai material bangunan, bahkan di beberapa daerah, bambu sangat lekat dengan kebudayaan dan tradisi masyarakat setempat. Sisi ekologis serta ekonomis bambu menjadikannya material yang berkelanjutan. Material bambu yang terbaru  ini sedang diuji coba untuk diaplikasikan sebagai pengganti material baja pada beton yang tergolong material tidak terbarukan.

Dalam Pemanfaatan bambu sudah ada sejak dahulu di Indonesia. Manfaat bambu  sudah banyak digunakan sebagai bahan baku kerajinan dan keperluan industri. Dalam dunia konstruksi,  bambu juga memiliki peranan yang sangat penting  sebagai bahan substitusi kayu karena kekuatan dan elastisitasnya. Bambu juga banyak digunakan sebagai material struktur bangunan secara utuh seperti bangunan di pedesaan. Seiring berjalannya waktu, bambu sudah mulai dieksplorasi pemanfaatannya, misalkan dalam proses teknologi perekatan atau laminasi untuk keperluan pembuatan mebel, lantai, dan dinding bangunan

HEMAT DALAM BIAYA KONSTRUKSI

Sampai saat ini Bambu sudah mulai menjadi salah satu material yang dilirik oleh dunia arsitektur sebagai alternative yang utama sebagai material dalam konstruksi bangunan. Dalam proses panen yang tidak begitu membutuhkan waktu yang lama maka dari itu material bamboo sangat mudah ditemukan.kenapa demikian? Karena bamboo merupakan golongan rerumputan.

Sedangkan material kayu  memerlukan waktu yang lama dan menunggu puluhan tahun untuk dapat memanennya. Dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan material baja membuat bambu menjadi salah satu pilihan yang utama untuk konstruksi bangunan . dan ketersediaan bamboo juga sangat mudah untuk mendapatkannya.  Terlepas dari itu di dalam pembangunan pada saat ini mengarah ke dalam penggunaan teknologi rumah tahan gempa.

SEBAGAI PENGGANTI BAJA

Dalam konstruksi bangunan penggunaan material  baja sebagai pilihan yang terbaik. Tetapi perlu kita ketahui kalau baja terbuat secara tidak alami. Baja dibuat dari bijih besi yang dimana sumber daya alamnya tergolong dalam yang tidak bisa diperbaharui.  Tetapi permintaan baja terus menerus semakin meningkat maka dari itu hal seperti inilah yang membuat harga baja semakin lama semakin tinggi. Adanya ketersediaan bambu yang sebagai alternatif pengganti baja. Yang dimana telah dibuktikan di dalam suatu penelitian kalau daya tarik material bambu cukup tinggi dan sudah hampir sama dengan dua kali tarikan baja. Perlu kita ketahui juga kalau bambu  mempunyai daya kekuatan tarik yang lumayan cukup tinggi , yaitu antara 100-400 Mpa,  kalau kita bandingkan dengan kekuatan tarik tulangan baja setara dengan ½ sampai ¼ dari tegangan ultimate tulangan baja menunjukkan hasil yang sama dan kekuatan tarik bambu bisa mencapai 1.280kg/cm2  .

RAMAH LINGKUNGAN

Sejak dahulu penggunaan bambu sudah dimanfaatkan sebagai bahan struktur bangunan sebab sangat mudah di dalam mendapatkan serta biaya yang keluarkan juga cukup terjangkau. Bambu  adalah tanaman yang masih dalam tanaman berumpun yang dimana hidupnya bisa di daerah tropis dan juga di subtropis dan masih di dalam satu jenis dalam famili gramineae (Rumput-rumputan) dan berada hampir seluruh dunia terkecuali di benua eropa.

Demikian ulasan tentang Hubungan pemanfaatan bambu sebagai bahan konstruksi  semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *