Pahami Sumur Bor, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Pahami Sumur Bor, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Pahami Sumur Bor, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan.  Air bersih merupakan kebutuhan yang paling utama  untuk manusia . maka di setiap rumah sangat memerlukan air bersih yang dapat diperoleh melalui beberapa metode, dan di Negara kita ini mayoritas kebanyakan masyarakat masih menggunakan sumur bor . berikut ini kita akan mengulas  mekanisme , kekurangan dan kelebihan dari sumur bor :

 APA ITU SUMUR BOR?

Sumur Bor adalah  sebuah metode untuk memperoleh air bersih yang di dalam proses nya dengan menggali tanah pada kedalaman tertentu. Yang nantinya sumur bor akan dapat mencapai sumber mata air yang berada di kedalaman tanah dan membutuhkan proses yang lebih cepat dibandingkan dengan cara menggali tanah dengan manual  contohnya menggunakan cangkul.

CARA KERJA SUMUR BOR

Sumur mempunyai cara kerja yang begitu efektif yang membuat dalam proses pencarian sumber mata air bersih akan lebih cepat. Sumur Bor juga bisa lebih cepat dalam proses penggalian tanah yang tidak memerlukan waktu yang lama .  dengan menggunakan metode sumur bor kalian bisa menggunakan fitur sensor yang mempermudah dalam mencari informasi posisi dan kedalaman dari sumber air tersebut, sehingga di dalam proses penggalian tanah akan bisa dilakukan dengan pas.

 KELEBIHAN SUMUR BOR

Seperti yang sudah kita ketahui kalau dalam proses penggalian tanah sampai menemukan sumber mata air prosesnya yang begitu cepat. . dan sumur bor juga tidak memerlukan lagi biaya bulanan untuk membayar biaya pemakaian air  yang biasanya ketika kita memakai air melalui PDAM makan setiap bulan kita harus membayar air sesuai dengan seberapa banyak kita memakai air tersebut. Ketika sumur bor  mendapatkan air yang bersih yang tidak tercemar, maka kualitas dari air akan aman untuk kebutuhan bagi tubuh sebab tidak adanya campuran kimia di dalam air tersebut.

KEKURANGAN SUMUR BOR.

Didunia ini tidak yang sempurna segala sesuatu metode atau apapun itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya , begitu juga sumur bor, setelah kita jelaskan kelebihan dari sumur bor maka saat ini kita akan menjelaskan juga tentang kekurangan dari sumur bor  yaitu  sumur bor sangat tergantung dengan listrik  , jadi jika suatu saat dari pihak pln mengadakan pemadaman atau pulsa listrik kita habis , maka kita tidak akan bisa menggunakan pompa untuk mengambil air.  Dan kita juga harus mengetahui berapa kisaran biaya pemakaian listrik dari pompa air . hal ini akan mempengaruhi  biaya bulanan yang kita keluarkan.

TIPS MENGGALI SUMBER AIR DENGAN SUMUR BOR

 Buat kalian yang memiliki rencana untuk melakukan penggalian sumber mata air  dengan memanfaatkan sumur bor, disini kita akan memberikan beberapa tips yang seharusnya bisa kita lakukan . hal yang paling utama  untuk kita lakukan adalah dengan membuat perencanaan  budget  perlunya mengetahui referensi harga yang berlaku di pasaran  dalam pekerjaan penggalian air tanah dengan sumur bor.

 Hal yang lain yang perlu kita lakukan adalah dengan menentukan berapa kedalam dari sumur bor yang akan kita gali dengan selalu memperhatikan segala kondisi tempat tinggal kita dan sekitarnya. Karena , lingkungan hunian yang semakin padat,  sumur yang kita perlukan akan semakin dalam supaya air yang kita dapatkan lebih bersih dan tidak tercemar.;

Yang perlu kita perhatikan lagi adalah dengan mengetahui kondisi tanah  di sekitar tempat yang akan kita lakukan pengeboran  supaya  dapat mengetahui kualitas  air tanah yang nantinya kita dapatkan. Kalau daerah hunian dulunya adalah rawa- rawa, sudah pasti air yang akan dihasilkan akan lebih kotor maka dari itu akan memerlukan proses penyaringan. Diperlukannya pompa air supaya air bersih yang kita dapatkan dari sumur bor bisa kita salurkan . dan pilihlah pompa air yang memiliki kualitas yang baik dan dapat bekerja sesuai dengan kedalaman air yang dihasilkan sumur bor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *