4 Cara Mengatasi Dak Beton Yang Rembes dan Penyebabnya

4 Cara Mengatasi Dak Beton Yang Rembes dan Penyebabnya

4 Cara Mengatasi Dak Beton yang Rembes dan Penyebabnya. Dak beton  merupakan salah satu jenis atap yang sangat digemari karena kekokohannya dan juga tahan lama begitu juga kemungkinan kecil  terjadi kebocoran.  Dari segi perawatan juga sangat mudah.  Pemanfaatan dak beton sangat banyak manfaatnya. Bisa sebagai tempat menjemur pakaian, pakai bersantai ,kumpul keluarga juga bisa.

 Tetapi lama kelamaan tentunya akan terjadi yang namanya merembes. Semakin lama dak Beton akan mengalami air merembes,  untuk permasalahan ini   berikut cara mengatasi dak beton yang rembes dan penyebabnya.

 PENYEBAB DAK BETON REMBES

Dak beton rembes penyebabnya bermacam- macam sebelum mengetahui cara mengatasi dak beton yang rembes mari kita identifikasi dahulu apa yang menyebabkan dak beton rembes yaitu

  1.       Adanya retakan ada dak beton

 Karena penyusutan kandungan air atau adanya masalah struktural maka dak beton bisa menjadi retak . kebanyakan rumah yang atapnya memakai dak beton menjadi bocor yang disebabkan adanya beton yang kondisinya retak . hal ini sudah menjadi umum karena konstruksi atau plesteran lumayan rawan mengalami retakan .

  1.       Daya serap air pada beton sangat tinggi

Dak beton yang memiliki permukaan pori-pori yang lumayan besar lebih mudah dalam penyerapan air yang membuat dak beton mudah rembes. Secara umum , dak beton memiliki daya serap yang tinggi. Hal ini yang dapat menyebabkan  kebocoran pada rumah.

  1.       Campuran Beton yang tidak sempurna

Disaat proses pembuatan dak beton  perlu perhatian yang lebih dan sangat teliti  sebab jika dalam membuat campuran yang kurang merata dapat menjadikan beton hasilnya menggelembung.  Gelembung itulah yang dapat menyebabkan terjadinya rongga –rongga disaat kering dan air bisa tergenang di dalam dak beton pada rongga tersebut.

  1.       Kurangya ketebalan dak beton

Biasanya dalam pembuatan dak beton niatnya untuk menghemat anggaran kita mengurangi ketebalan pada dak beton. Dalam hal ini dapat menjadi penyebab dak beton rembes. Seharusnya perlu cek kalau kita sudah membuat ketebalan dak beton yang diperlukan sebagai bentuk untuk menghindari permasalahan yang tidak kita inginkan kedepannya. Seperti dak beton yang mudah rembes disaat musim penghujan.

CARA MENGATASI DAK BETON YANG REMBES

  1.       Selalu mengecek dengan rutin

Walaupun dak beton dikenal sangat kokoh dan kuat , tetapi kita tidak bisa mengabaikannya tapi selalu diperlukan pengecekan  seperti pengecekan dak beton rembes atau tidak. Caranya bisa dengan menutup pipa saluran pembuangan pada dak beton . lalu diamkan kurang lebih selama satu jam . setelah itu siram dak beton . kalau pada bagian bawah terjadi rembesan air. Maka dak beton bermasalah. Segera melakukan perbaikan dengan cara menambahkan waterproofing type semen.

  1.       Melakukan solusi darurat.

Untuk solusi darurat kalian bisa menutup dak beton dengan terpal plastik. Disaat hujan turun. Tetapi ketika sudah reda maka kalian bisa memperbaiki nya supaya dak beton tidak rembes lagi.

  1.       Memperbaiki retakan kecil.

Adanya retakan pada beton juga bisa menjadi penyebab rembesan . maka perlu diperbaiki saat dak beton dalam kondisi kering dan tidak terkena air selama 1×24 jam. Untuk retakan kecil kalian bisa membuat retakan tersebut menjadi besar supaya saat penambalan bisa dikerjakan dengan lebih baik. Kalau retakan itu besar kalian bisa mengisi retakan tersebut dengan semen yang sudah diberi cairan additive bonding agent.

  1.       Menggunakan waterproofing

Dalam menggunakan waterproofing  kalian perlu memasang serat-serat pada bekas retakan besar pada dak beton. Dengan cara ini bisa membuat hasil yang lebih maksimal dalam mengatasi dak beton yang rembes. Dengan menggunakan waterproofing secara merata  maka dak beton yang rembes dapat kalian atasi dan dak beton tidak akan rembes lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *