Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton dan Atap Genteng?

Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton dan Atap Genteng?

Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton dan Atap Genteng?  Rumah  merupakan tempat dimana kita tinggal dan juga mempunyai rumah adalah impian bagi setiap orang , apalagi yang sudah menikah. Memiliki rumah sendiri akan menjadi keleluasaan dalam melakukan aktivitas di dalam rumah , tidak akan merasa canggung atau merasa malu  kepada siapapun. Ketika ingin membangun rumah perlu diperhatikan dan sangat penting juga  kita menentukan elemen –elemen demi kenyamanan  yang lebih utama adalah atap rumah. Terdapat jenis yang beraneka ragam  atap rumah dan yang sudah familiar di Negara kita Indonesia adalah atap dak beton dan atap genteng.

Berikut ini akan kita bahas jenis atap apa yang sebaiknya kita gunakan untuk melindungi rumah kita

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP DAK  BETON

Berikut ini kita akan mengetahui lebih detail tentang atap dak beton kita akan memberikan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dalam memakai dak beton.

  1.       Bisa digunakan banyak fungsi

Kalau kalian memakai atap dak beton  sudah dipastikan akan bisa digunakan sebagai apa saja, seperti kita bisa fungsikan  menjadi taman  yang tanamannya berupa pot-pot bunga, ada ruang untuk jemur baju. Bisa sebagai tempat bersantai di pagi hari dan tempat menyimpan benda yang lain.

  1.       Kuat dan tidak Mudah Rusak

Penggunaan atap dak beton  sudah dijamin kuat dan tidak akan mudah rusak. Apalagi penggunaannya hanya sebagai pelindung dari hujan dan  matahari. Jika diterpa dengan angina kencang dan badai atap dak beton pada rumah akan selalu kokoh tidak akan bergoyang. Sudah pasti atap dak beton akan tahan dengan matahari dan tahan disaat musim hujan.  Atap dak beton tentunya akan meminimalisir  kebocoran  . hal seperti ini yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia, karena Indonesia terdapat musim hujan yang durasi musimnya lumayan lama.

  1.       Mudah dalam perawatan

Dalam merawat atap dak beton sangat mudah , seperti kita membersihkan halaman rumah, perbaikan juga mudah.

KEKURANGAN ATAP DAK BETON

  1.       Pembuatan yang sangat rumit

Sudah pasti rumit dalam pembuatan dibanding dengan atap model lain. Diperlukan ketelitian dan hasil harus sempurna

  1.       Rawan air tergenang

Musim penghujan atap dak beton tentunya akan ada air yang tergenang , walaupun sedikit.

  1.       Harga yang cukup mahal

Untuk membuat atap dak beton kita perlu menyiapkan budget yang lumayan banyak dan mahal, walaupun mahal tetapi kualitas tetap terjamin.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP GENTENG

Berikut kelebihan atap genteng

  1.       Bisa dipake di semua jenis bangunan

Pemakaian atap genteng bisa dipakai untuk seluruh jenis rumah walaupun kita hanya memakai rangka rumah yang bahan kayu, kita tetap bisa memakai atap genteng

  1.       Mampu  melindungi panas

Atap genteng mampu melindungi rumah kita dari panasnya matahari, oleh karena itu di siang hari kita tidak akan terlalu merasa kepanasan

  1.       Udara Mudah Masuk

Atap genteng mempunyai pori-pori yang membuat udara  mudah memasuki ruangan rumah kita dan kita tidak akan menjadi pengap dan lembab.

Kekurangan atap genteng

  1.       Mudah rusak

Kalau dibandingkan dengan atap dak beton , atap genteng tentunya rentan dan mudah rusak, atap genteng tidak memiliki ketahanan cuaca tertentu seperti angin kencang yang bisa membuat genteng bergeser dan mengakibatkan kebocoran. Atap genteng juga rawan retak dan pecah.

  1.       Warna Mudah Memudar

Atap genteng akan mudah berubah warnanya , disaat seringnya terkena hujan dan juga panas

  1.       Wajib membongkar genteng jika rekonstruksi Bangunanan

Kalau kita ingin meninggikan konstruksi bangunan atau menambah ruangan secara vertikal pada rumah kita, maka diharuskannya membongkar seluruh genteng. Kalau atap dak beton tidak memerlukan itu hanya tinggal melanjutkan nya saja.

Demikian pembahasan Kelebihan dan kekurangan atap dak beton dan atap genteng. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *