5 Cara Memperbaiki Atap Bocor agar Aman di Musim Hujan

5 Cara Memperbaiki Atap Bocor agar Aman di Musim Hujan

5 Cara Memperbaiki Atap Bocor agar Aman di Musim Hujan. Hujan merupakan berkah dari tuhan yang maha esa, karena dengan turunnya hujan  air di sumur akan penuh kembali, sungai yang sudah surut kembali terisi air yang banyak lagi. Sehingga sawah –swah petani tidak akan kekeringan dan air terpenuhi.

Tetapi di masyarakat ada sebagian yang merasakan selalu waspada disaat turunnya hujan . yang dikarenakan atap yang bocor yang disaat musim hujan belum sempat memeprbaikinya.  Maka dari itu atap yang bocor  alaha salah satu  masalah yang selalu muncul di kala musim hujan.

Akan sangat terganggu  pemilik rumah kalau atap rumah bocor  dan mengakibatkan air yang masuk kedalam rumah semakin  berjumlah banyak.  Maka dari itu kalian diwajibkan untuk selalu menyiapkan anggaran perbaikan pada rumah.

Lalu bagaimana cara memperbaiki atap bocor agar aman di musim hujan dengan efektif dan juga efisien, berikut 5 cara mengatasi atap bocor agar aman di musim hujan:

  1.       Mengecek secara  rutin  atap yang sempat bocor

Supaya kalian bisa mencegah kebocoran  di musim hujan, , kalian wajib menguasai situasi atap rumah kalian yang sebenarnya .  kalian bisa melakukan pengecekan secara berkala dan juga rutin.. apalagi pada musim hujan kalain perlu mengecek minimal 1- 2 bulan sekali,  semakin cepat waktu pengecekan  akan semakin  baik.

Jika atap beton dan asbes terdapat retak rambut , hal ini tidak akan langsung menimbulkan kebocoran. Terapi kebocoran atap rumah akan terjadi ketika sudah sampai 3-4 kali hujan besar  mulai terjadinya retak rambut.

Agar  tidak  terjadi kebocoran jika terjadi retak rambut , maka lebih baik langsung ditambal supaya   kleretakannya tidak melebar yang mengakibatkan bocor yang lebih besar.

  1.       Mengecek  Plafon

Setelah pengecekan atap bagian permukaan , kalian bisa langsung mengecek bagian plafon pada rumah  yang perlu kalian perhatikan juga.

Biasanya plesteran semen di bagian plafon paling sering terjadi kebocoran,  maka jika terjadi kebocoran harus cepat atau langsung diperbaiki.

Kalau plafon tidak langsung diperbaiki dan dibiarkan saja  dan tetap lembab, akan beresiko kerusakan yang lebih fatal , yaitu bisa ambruk dan mengakibatkan biaya perbaikan atap bocor semakin besar

  1.       Mengecek bagian atap genteng  kalau terjadi gejala atap bocor

Kalian perlu mengecek bagian sudut kemiringan genteng untuk menjaga kemampuan genteng menghadang air hujan. Untuk genteng yang berbahan keramik  memerlukan sudut kemiringan 30 derajat , tetapi asbes hanya 15 derajat. Kalau hal yang seperti ini tidak  di cek dengan baik , maka air hujan yang disertai angin akan mampu masuk melalui celah –celah genteng.

  1.       Memakai Cat  anti air

Untuk mencegah kebocoran pada lapisan cat maka kalian perlu menggunakan cat anti bocor. Pemakaian cat anti bocor sangat bermanfaat sebagai pencegah air untuk merembes dan bisa mengurangi kelembaban yang terjadi.

  1.       Memakai pelapis anti bocor

Terdapat pemakaian sistem pelapis  atap bocor, dapat mencegah terjadinya kebocoran yang bikin ruangan menjadi lembab akan menjadi sulit.

Walaupun digunakan untuk pelapis , tetapi dalam pemasangan wajib seimbang secara tepat dengan komposisi dan kualitas yang baik.

Kalau dalam pemasangan tidak beraturan ,akan bisa menimbulkan kebocoran lagi,  maka dari itu untuk pemasangannya harus dengan baik dan  memasang sudah terampil dan profesional.

Demikian ulasan 5 cara memperbaiki atap bocor agar aman di musim hujan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *