Ketahui Penyebab Tembok Retak Disini

Ketahui Penyebab Tembok Retak Disini

Ketahui Penyebab Tembok Retak Disini, Rumah yang selama ini diidam idamkan telah dibangun, namun anda melihat adanya retakan yang terjadi pada tembok rumah. kira kira retakan yang terjadi pada tembok rumah anda tersebut karena apa ya.?

Adanya tembok yang terlihat retak pastinya akan membuat anda merasa takut untuk menghuni rumah tersebut. tidak jarang orang terbayang bayang dengan bayangan sewaktu waktu tembok akan roboh.

Sebenarnya terjadinya retakan pada tembok sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor penyebab tersebut.? berikut beberapa diantaranya.

  1. Kerusakan atau Kegagalan Struktur

Salah satu penyebab umum terjadinya keretakan pada tembok adalah dikarenakan kerusakan atau kegagalan dalam struktur, seperti struktur dalam menahan beban berat, gempa, dan benturan yang keras. Jika hal tersebut terjadi pada rumah yang baru dibangun, plester yang menutupi dinding tentu saja akan retak.

  1. Pasangan Dinding

Jika dalam pembangunan anda menggunakan batu bata dengan kualitas seadanya, maka bisa jadi penyebab lainnya dikarenakan pasangan dinding. Batu bata dan perekat dengan kualitas yang kurang baik dapat menjadi penyebab dari tembok yang mudah retak. 

  1. Acian dan Plester

Takaran campuran antara plester dengan acian yang tidak tepat juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya hal tersebut.  Acian menggunakan semen yang biasa menyebabkan daya rekat menjadi kurang sehingga ketika adanya getaran yang mungkin disebabkan oleh gempa menyebabkan terbentuknya rongga diantara tembok.

  1. Perbedaan Bahan

Acian atau plester bisa menjadi retak jika adanya pertemuan bahan yang berbeda. Seperti misalnya struktur beton dengan pasangan batu bata dengan kayu plesteran dan pipa listrik atau pipa air dalam dinding. Keretakan terjadi karena semen tidak dapat merekat dengan baik sehingga cukup mudah untuk terjadinya keretakan.

  1. Penurunan Permukaan Tanah

Penurunan permukaan tanah juga bisa menjadi salah satu penyebab terbentuknya keretakan pada tembok. Hal tersebut dapat saja terjadi pada setiap jenis rumah.

Asalkan penurunan ini tidak terjadi secara serentak, kondisi ini tidak akan membahayakan bangunan. Namun, anda harus mulai khawatir jika terjadi penurunan secara bersamaan, karena hal ini dapat membahayakan struktur bangunan.

Nah itulah beberapa penyebab dari terjadinya keretakan pada tembok rumah. semoga apa yang telah kami jelasan dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *