Posisi AC Kamar Tidur di Rumah Yang Benar

Posisi AC Kamar Tidur di Rumah Yang Benar

Posisi AC Kamar Tidur di Rumah yang Benar, Tinggal di daerah yang panas tentu akan membuat kita merasa kurang nyaman beraktivitas, terutama pada waktu siang hari. Pengguna air conditioning (AC) merupakan salah satu alternatif yang dipilih oleh banyak orang untuk membuat suhu di dalam ruangan terasa tetap sejuk, sehingga kenyamanan dalam beraktifitas tetap terjaga.

Menempatkan Ac di dalam kamar tidur merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang demi menciptakan kenyamanan saat istirahat. Agar pemasangan Ac di dalam kamar tidur dapat berfungsi dengan baik, pastikan bahwa anda memperhatikan penempatan AC yang baik.

Lalu, di mana posisi terbaik AC di kamar tidur?

Untuk pemasangan Ac di dalam kamar tidur yang benar, sebaiknya anda simak penjelasan berikut

  1. Ketinggian AC Minimal 2,5 Meter

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika hendak memasang Ac di dalam kamar adalah posisi dari penempatan AC tersebut. Untuk idealnya, AC sebaiknya diletakkan pada ketinggian 2,5 meter dari permukaan lantai, ini bertujuan agar bagian bawah tidak terlalu dingin yang sedangkan bagian lainnya tetap hangat.

Selain menjaga jarak dengan lantai, penempatan Ac juga sebaiknya tidak terlalu dekat juga dengan plafon. Untuk jarak antara plafon dengan Ac sebaiknya berjarak minimal 15 cm, sebab Ac juga membutuhkan ruang untuk menarik udara, jadi jika terlalu dekat akan mempengaruhi kinerja AC.

  1. Tidak Menghadap ke Tempat Tidur

Menempatkan ac sebaiknya tidak secara langsung menghadap ke arah tempat tidur, apalagi jika AC menghadap langsung ke arah kepala yang tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan,

Kebanyakan orang yang meletakkan AC tepat di atas kepalanya akan terkena gangguan saluran pernapasan, sakit kepala, bahkan gangguan di paru-paru. Jadi, sebaiknya posisi AC berada di sisi tempat tidur. Anda bisa meletakkannya di sebelah kiri, ataupun di sebelah kanan ranjang Anda. Akan lebih tepat bila tidak mengarah ke bagian kepala Anda.

  1. Jarak AC Indoor dan Outdoor

Penempatan AC bagian indoor dan outdoor sebaiknya tidak terlalu jauh, sebab jika penempatannya terlalu jauh akan memperlambat kinerja AC. Penempatan jarak AC ini dalam arti menggunakan pipa atau kabel penghubung indor dan outdor yang terlalu jauh.

Jal ini juga akan mempengaruhi penggunaan daya listrik yang lebih besar sehingga tagihan bulanan akan lebih banyak.

  1. PK AC Mencukupi

PK AC yang digunakan sebaiknya juga dipertimbangkan. Jika ruangan kamar berukuran lebih dari 3×4 meter, maka sebaiknya anda menggunakan AC dengan PK ¾, namun jika lebih luas lagi, maka anda bisa menggunakan AC 1 PK, Sedangkan AC 1/2 PK bisa dengan maksimal kinerjanya di ruangan 3×3 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *