Kayu Yang Bagus Untuk Kusen Pintu Dan Jendela

Kayu Yang Bagus Untuk Kusen Pintu Dan Jendela

kayu yang bagus untuk kusen pintu dan jendela, kayu adalah salah satu material yang kerap kali digunakan sebagai bahan pembuatan kusen untuk rumah hunuan.

Di pasaran ada berbagai macam jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kusen seperti misalnya kayu jati, Kayu Jati, Kayu Kamper, Kayu Meranti dan lain sebagainya.

Setiap dari jenis kayu memiliki kelebihan dan keunggulan masing masing. Jika anda bertanya manakah kayu yang paling bagus digunakan sebagai bahan pembuatan kusen, tentu tergantung dari keperluan masing masing.

Berikut ini ada beberapa jenis bahan kayu yang kerap digunakan dalam pembuatan kusen

  1. Kayu Jati

Jika dilihat dari segi kekuatan, kayu jati merupakan kayu yang terkenal sebagai kayu terkuat dan tahan lama, sebab sifat dari kayu jati, semakin lama maka akan semakin keras, sehingga kayu jadi dinilai sebagai kayu terbaik dalam pembuatan berbagai macam jenis perlengkapan bangunan. 

Jenis kayu yang satu ini juga anti jamur dan anti rayap karena memiliki kandungan sejenis minyak yang sangat tidak disukai oleh binatang. Bentuk serat juga berbeda-beda karena tergantung dari lahan penanaman dan proses selama pemotongan. Namun harga dari kayu jati terkadang membuat beberapa orang merasa keberatan dalam menggunakan kayu jati.

  1. Kayu Kamper

Kayu kain yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan kusen adalah kayu kamper. Kayu ini merupakan kayu yang terbilang cukup baik, namun kualitas dari kayu ini hanya dapat dirasakan jika kayu sudah benar benar dikeringkan dalam waktu yang lama.

Jenis kayu kamper juga sangat kuat dan mampu bertahan cukup lama meskipun memiliki bobot yang ringan. Sama halnya dengan jenis kayu lainnya, kayu kamper juga memiliki kekurangan yaitu akan mengembang jika berada di udara yang sangat lembab.

  1. Kayu Meranti

Kayu Meranti adalah jenis kayu yang banyak sekali digunakan sebagai bahan pembuatan kusen jendela ataupun kusen pintu. Salah satu kelebihan dari Kayu Meranti adalah memiliki batang yang lurus sehingga sangat mudah untuk dibentuk menjadi kusen.

Namun sayangnya, kayu Meranti tidak sekuat kayu kamper ataupun kayu jati. Anda pun bisa melihat perbedaannya secara detail dengan cara membandingkan harga antara kusen kayu jati, kusen kayu kamper dan kusen kayu sengon.

Nah itulah beberapa jenis kayu yang kerap kali digunakan sebagai bahan pembuatan kusen. Ingat setiap kayu memiliki kelebihan dan kekurangannya, masing masing, jadi pilihlah kayu yang benar benar sesuai dengan kebutuhan anda masing masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *