Tips Agar Kolam Ikan Tidak Cepat Kotor

Tips Agar Kolam Ikan Tidak Cepat Kotor

Tips agar kolam ikan tidak cepat kotor, Memelihara ikan hias merupakan sebuah hobi yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain dapat menuangkan hobby, memelihara ikan hias juga dapat mempercantik rumah dengan keberadaan kolam di area perumahan.

Sejuknya air kolam juga dapat membuat suasana di sekitaran rumah terasa lebih adem, sehingga tidak heran jika hobby memelihara ikan hias banyak diminati. Namun memelihara ikan hias di kolam tentu bukanlah hal yang  mudah, apalagi jika hias yang dipelihara merupakan hias dengan harga yang mahal dan rentan mati, pastinya anda perlu sering sering membersihkan kolam dari kotoran. Agar kolam di rumah anda tidak cepat kotor, berikut ini kami punya beberapa tips agar kolam ikan tidak cepat kotor.

Tambahkan jerami

Beberapa orang terkadang anti membersihkan kolam dengan menggunakan bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan beberapa jenis ikan, nah jika anda termasuk orang yang enggan membersihkan kolam dengan bahan kimia maka anda bisa mencoba menggunakan jerami. Taruh jerami di dalam jaring ikan dan letakkan jaring di dalam air. Posisikan jaring ikan ini di tempat air biasa mengalir, misalnya pancuran air kolam. Lalu tinggalkan jerami selama beberapa minggu dan selanjutnya bersihkan manual.

Pakai water cleaner

Menggunakan water cleaner juga bisa menjadi cara yang mudah untuk membersihkan air kolam. Kandungan zat di dalam water cleaner dapat mengatasi pertumbuhan lumut, dan menghilangkan amoniak yang membuat kolam keruh. Agar tidak mengganggu kesehatan ikan, pastikan bahwa anda menggunakan dosis yang tepat.

Masukkan tanaman

Memasukan tanaman ke dalam kolam sudah bukanlah rahasia lagi. Tanaman tanaman aquascape seperti parrot feather selain efektif menghambat pertumbuhan alga juga berguna untuk menyuplai oksigen bagi ikan. Selain dari itu bunga lotus, seroja, dan selada air dapat dipilih sebagai tanaman yang dapat menjernihkan air kolam.

Kontrol pemberian makanan ikan

Kotoran dalam kolam ikan tidak hanya berasal dari tanaman atau kotoran ikan, melainkan juga berasal dari sisa sisa makan yang tidak dikonsumsi oleh ikan, maka dari itu, pastikan bahwa anda sellau mengntrol dosis pakan ikan yang anda berikan setiap harinya. Pastikan bahwa anda memberi makan ikan dengan cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *