Apa itu up ceiling? ini penjelasan lengkapnya

Apa itu up ceiling? ini penjelasan lengkapnya

Apa itu up ceiling? ini penjelasan lengkapnya

Ceiling adalah sebuah istilah untuk plafon atau langit-langit rumah. Bagian ini juga disebut sebagai pagu, palas-palas, panggar, atau para-para.

Ceiling terdapat di dalam ruangan berupa permukaan interior yang menutupi lantai struktur atap di atas. Fungsi utamanya sebagai penutup rangka atap.

Langit-langit memiliki beragam desain yang selain menjadi batas juga bisa mempercantik ruangan. 

Bahkan, pada bangunan bersejarah, langit-langit sering menjadi ciri khas sebuah bangunan. Langit-langit memiliki dekorasi unik seperti lukisan fresko, ubin mozaik dan lainnya.

Jenis-jenis Ceiling Berdasarkan Modelnya

Pada dasarnya, ceiling atau plafon rumah terbagi menjadi 2 bagian yaitu up ceiling dan drop ceiling. Apa yang dimaksud dengan up ceiling dan drop ceiling.? Berikut penjelasannya.

Up Ceiling

Model plafon up ceiling adalah variasi bentuk plafon yang sebagian besar permukaannya terangkat keatas. Pins ini biasanya ditemukan pada rumah rumah dengan konsep minimalis.

Keberadaan plafon up ceiling di dalam rumah dapat menghadirkan kesan yang lebih lega, sehingga sangat cocok jika diaplikasikan pada rumah rumah dengan luas yang terbatas  misalnya seperti apartemen. Pemasangan up ceiling dapat menambahkan unsur pencahayaan baik langsung maupun tidak langsung. 

Pins bisa menambahkan LED Strips atau lampu halogen yang ditanam pada bagian langit langit. Pencahayaan pada up ceiling dapat disembunyikan pada permukaan yang lebih rendah sehingga cahaya yang memantul dan lebih indah. 

Drop Ceiling

Variasi drop ceiling adalah plafon gantung berfungsi untuk mempercantik ruangan. Selain dari itu, drop ceiling juga dapat digunakan untuk sebagai pembatas antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Selain itu, model drop ceiling juga mampu memberi aksen dalam hal pencahayaan dengan menggunakan indirect lighting. Ini akan menimbulkan cahaya yang muncul dari dalam drop ceiling. Drop ceiling memiliki beragam bentuk seperti kotak, meliuk-liuk, hingga ukiran.

Fungsi Langit-langit dalam Suatu Ruangan 

Keberadaan ceiling pada rumah hunian tentu memiliki banyak fungsi yang beberapa diantaranya seperti berikut.

Menjadi pembatas antara ruang atap dan ruang aktivitas di bawahnya.

Menahan kotoran dari bidang atap melalui celah-celah genteng. 

Mengurangi panas dari sinar matahari melalui bidang atap. 

Menjadikan ruangan lebih rapi sehingga sisa-sia konstruksi dan penutup atap, kabel-kabel, pipa mechanical, hingga kelistrikan tidak terlihat. 

Keberadaan plafon pada ruangan juga memiliki fungsi yang khusus misalnya langit-langit akustik mampu meredam suara secara maksimal pada ruangan rapat dan auditorium

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *