Berapa Tinggi Plafon kamar mandi? ini penjelasan lengkapnya

Berapa Tinggi Plafon kamar mandi? ini penjelasan lengkapnya

Menentukan ukuran ideal plafon kamar mandi tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan sebab hal tersebut dapat memberikan dampak pada estetika ruang dan kenyamanan ruang itu sendiri 

Lalu berapa ukuran ketinggian plafon yang baik untuk kamar mandi atau rumah.? berikut penjelasannya.

  1. Tinggi Plafon Rumah Berdasarkan Kondisi Iklim

Tinggi dan rendahnya sebuah plafon dapat diatur berdasarkan iklim tempat berdirinya rumah tersebut. rumah dengan iklim yang panas, dianjurkan untuk memposisikan plafon pada posisi yang tinggi sebab jika plafon tinggi, ruangan akan terasa lebih sejuk dan begitu pula sebaliknya jika ketinggian plafon rendah maka ruangan akan terasa hangat.

Di Indonesia, idealnya tinggi plafon rumah berkisar antara 2,8 meter hingga 3,5 meter atau dibuat lebih tinggi.

Ini karena Indonesia memiliki iklim tropis dengan suhu siang hari yang lumayan panas sehingga memerlukan sirkulasi udara yang lebih baik.Sementara di Eropa, tinggi plafon bisa mencapai 2,4 meter hingga 2,5 meter. Ini menjadikan ruangan bisa menjadi lebih hangat. Jadi jika anda ingin mencari ketinggian plafon yang ideal maka ketahui iklim di daerah anda tersebut.

  1. Tinggi Plafon Rumah Berdasarkan Fungsi Ruang

Tinggi dari sebuah plafon juga dapat diatur berdasarkan fungsi dari ruangan itu sendiri, jika plafon untuk kamar mandi atau kamar tidur memiliki tinggi plafon 2,4 meter, sedangkan untuk ukuran tinggi plafon ruang keluarga memiliki ketinggian 3 meter.

  1. Tinggi Plafon Berdasarkan Proporsi

Ketinggian sebuah plafon juga dapat diukur berdasarkan proporsi dengan menerapkan rumus tinggi plafon. Dalam menentukan plafon rumah, ada baiknya jangan hanya melihat dari model plafon saja. Rumusnya adalah tinggi plafon = 1/2 x (panjang ruangan+lebar ruangan). Misalnya ruangan dengan ukuran 4 x 5 meter akan tampak lebih proporsional jika tinggi plafonnya (5+4)/2 = 4,5 meter.

  1. Tinggi Plafon untuk Pencahayaan Ruang

Rumah dengan plafon yang tinggi pastinya akan membutuhkan sistem pencahayaan yang banyak untuk menerangi seluruh ruangan, maka dari itu pencahayaan ruang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memperoleh ketinggian plafon yang baik. 

Plafon yang lebih tinggi dapat menggunakan pencahayaan yang lebih variatif. Jadi, ini semua tergantung dari konsep yang diinginkan .Jika ingin memaksimalkan skylight, anda bisa menggunakan ketinggian hingga mencapai 4 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *