Cara Mengatasi Dinding Rembes dan Lembab

Cara Mengatasi Dinding Rembes dan Lembab

Cara Mengatasi Dinding Rembes dan Lembab

Memiliki dinding yang rembes dan lembab tentu akan sangat merepotkan sebab dinding yang memiliki permukaan yang lembab dapat beresiko ditumbuhi oleh jamur sehingga pemandangan di permukaan dinding akan tampak buruk dan parahnya lagi dapat membuat permukaan cat tampak menggelembung dan lama kelamaan akan terkelupas dari permukaan dinding.

Untuk mengatasi dinding yang rembes dan lembab ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan dan berikut ini beberapa cara untuk mengatasi dinding yang rembes dan lembab.

  • Mengecat Dinding Retak Rambut

Jika dinding di rumah anda rembes dikarenakan retak rambut, maka cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengecatnya.

Sebelum anda akan melakukan pengecatan, pastikan bahwa anda mengelupaskan sisa sisa cat yang menempel terlebih dahulu dan membersihkannya dari permukaan dinding agar nantinya cat yang akan anda aplikasikan dapat merekat dengan baik dan tidak akan mengelupas lagi.

Untuk cara penanganannya anda dapat melapiskan primer dengan cat dasar menggunakan cairan campuran super semen dan semen dengan perbandingan 1:1,25.

Fungsi dari primer super semen dan semen yaitu untuk menutupi retak rambut dengan sangat baik dan mengikat sisa debu dan kotoran yang masih tertinggal sehingga nantinya daya lekat dari waterproofing substrat dapat lebih baik.

Apabila lapisan dari primer sudah kering, maka selanjutnya anda bisa melanjutkan dengan melapisi waterproofing atau cat anti rembes dan bocor pada bagian dinding sebanyak dua kali lapis tanpa perlu dicampurkan dengan air.

  • Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah

Tembok yang lembab dan berjamur biasanya disebabkan oleh tingkat kelembaban yang tinggi, maka dari itu anda bisa mencoba mengecek kembali ventilasi udara pada ruangan anda, pastinya bahwa ruangan memiliki tingkat ventilasi yang baik. Jika ruangan tidak memiliki sirkulasi yang baik, maka cobalah untuk menambah ventilasi udara agar sirkulasi udara di dalam ruangan dapat berjalan dengan baik.

  • Gunakan Waterproofing

Lalu bagaimana jika tembok yang rembes diakibatkan oleh aktivitas kamar mandi.? Maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan waterproofing yang dapat anda aplikasikan pada dinding kamar mandi.

  • Perbaiki Talang Air

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terjadinya rembes atau bocor pada dinding bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah karena talang air yang bocor atau bermasalah. Maka dari itu cobalah untuk mengecek kondisi dari talang air dan jika talang air bocor atau bermasalah maka cobalah untuk menggantinya.

Jika kondisinya masih dapat memungkinkan untuk diperbaiki, maka anda bisa memperbaiki atau menempelnya dengan menggunakan cat waterproofing.

Nah itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi dinding yang rembes, bocor atau lembab dan semoga apa yang telah dijelaskan dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *