Cara Agar Nat Menjadi Kuat dan Tahan Lama

Cara Agar Nat Menjadi Kuat dan Tahan Lama, Pemasangan nat pada keramik tidaklah boleh dianggap sepele. Hal tersebut akan mempengaruhi daya tahan dari keramik yang akan dipasang. Tidak jarang , banyak kasus yang terjadi keramik terlepas lantaran kualitas pengerjaan nat yang kurang sempurna, yang dimana nat tidak dapat merekat dengan baik sehingga membuat keramik dapat mudah terlepas.

Agar nat pada keramik dapat menjadi kuat dan tahan lama, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memasang nat dan keramik, dan berikut beberapa diantaranya

  • Ukuran lebar

Banyak orang yang beranggapan bahwa nat dengan ukuran lebar yang sempit, dapat membuat keramik tahan lama. Hal tersebut justru dapat membuat keramik mudah terlepas karena nat dengan ukuran yang sempit tidak akan membuat nat dapat melekat dengan baik hingga ke bagian dasar dari keramik yang hanya akan melekat pada bagian permukaannya saja, oleh karena itu keramik akan menjadi mudah terlepas, namun jika ukuran nat terlalu besar juga tidak akan bagus karena dapat membuat proses pembersihan dan penghalus akan sulit untuk dilakukan.

Untuk nat yang baik sebaiknya memiliki ukuran tiga diameter untuk lantai dan lima diameter untuk bagian dinding.

  • Adonan yang pas

Proses pembuatan nat haruslah pas, apalagi ukuran dari kekentalanya. Jika adonan nat terlalu kental maka akan sulit untuk masuk ke dalam dan begitu juga sebaliknya jika adonan nat terlalu cair yang dimana efek berupa rongga atau celah nat yang tidak bisa terisi penuh karena ketika sudah kering bagian atasnya tidak bisa terisi. Campurkan adonan nat secara pas agar mudah dikerjakan.

Untuk adonan natnya berikan semen khusus atau tile grout untuk mengisi nat serta grout additive untuk dipakai sebagai cairan tambahan. Dengan begitu anda bisa membuat nat pada keramik anda menjadi tahan lama dan menjadi kuat.

  • Pemasangan Nat Kurang Sempurna

Pemasangan nat juga akan mempengaruhi ketahanan dari nat itu sendiri. Banyak orang yang terkadang memasang nat hanya dengan cara menemppelkannya begitu psaja pada cela cela keramik sehingga nat tidak dapat turun ke permukaan yang memberikan rongga antara permukaan nat dengan dasar, dan hal tersebut membuat nat mudah terlepas dari cela cela keramik.

Agar nat dapat masuk dengan sempurna ke cela cela keramik, anda bisa memberi sedikit tekanan pada nat saat dipasang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *